Empat Lawang Belum Punya UTD, Kalau Butuh Darah, Harus Dirujuk ke Luar Daerah

 346 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG | KSOL – Hingga saat ini, Kabupaten Empat Lawang belum memiliki Unit Transfusi Darah (UTD), baik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Empat Lawang dan kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Empat Lawang.

Dengan kondisi ini, beberapa pasien yang membutuhkan darah harus dirujuk ke Rumah Sakit luar daerah. “Kalau bisa kita rujuk, ya kita rujuk, sebab kita belum ada UTD. Kalau memang harus dirujuk, kita koordinasi dulu dengan RS yang mau dirujuk,” ungkap Direktur RSUD Empat Lawang, dr Madiana Sudeby melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan, Seragi Saur, Selasa (27/9/2016).

Pembentukan UTD, kata Seragi, bukanlah hal mudah. Sebab banyak izin yang perlu dibuat, meliputi izin laboratorium, izin radiologi dan lainnya. “Kami masih pelajari, kalau jalurnya sudah tahu, segara mungkin kami lakukan,” ujarnya.

Namun demikian, di Empat Lawang sudah 3 bank darah di RSUD Empat Lawang. Bahkan Pengelolaannya sudah siap. Alat kandungan darah juga sudah diimiliki. “Tinggal lagi proses izin operasionalnya dan tenaga khusus untuk pemeriksaan darah. Kalau sarana prasarana sudah cukup, tinggal melengkapi saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut Seragi mengungkapkan, untuk kebutuhan darah di Empat Lawang lumayan banyak. Namun, ia tidak bisa memerinci secara pasti. Karena pihaknya, hanya bisa membuat rujukan saat pasien membutuhkan darah. “Semoga saja RSUD kita yang baru cepat selesai. Target kita di HUT Empat Lawang April nanti lounching. Besar harapan kita ada UTD-nya, dan anggarannya untuk pengolahannya pun ada,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI | EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster