Irma Chaniago : Banyak Sekolah Kebidanan Akreditasinya Tidak Terjamin

 227 total views,  2 views today

JAKARTA  |  KSOL –  Saat ini DPR sedang melakukan upaya serius DPR menyelesaikan UU Kebidanan. Namun selain itu, menurut Anggota Komisi IX DPR RI asal Dapil Sumatera Selatan (Sumsel) II, Irma Suryani Chaniago, hal lain yang harus segera diatasi saat ini, tentang pendidikan kebidanan.  Menurutnya, banyak sekolah-sekolah kebidanan di seluruh Indonesia yang akreditasinya tidak terjamin.

BACO JUGO BERITA TERKAIT : UU Kebidanan Sebaiknya segera Diselesaikan

Irma Suryani Chaniago

Irma Suryani Chaniago

“Untuk itu Dikti saya harap dapat selektif memberikan izin sekolah bidan agar kualitas lulusan bidan dapat dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Irma menjelaskan, saat ini jumlah bidan di Indonesia sudah melebihi batas. Kebutuhan bidan maksimal sekitar 250 ribu, tetapi bidan yang ada dan terdaftar di Ikatan Bidan Indonesia (IBI) saat ini sudah lebih dari 350 ribu. “Kondisi ini tentu menjadi beban, karena lapangan pekerjaan tidak cukup,” ujarnya.

Sementara, Irma mengimbuhkan, untuk bisa dipekerjakan ke luar negeri, para bidan ini terbentur kapasitas penguasaan bahasa dan keterampilan. Bidan Indonesia sejauh ini masih diskualifikasi oleh beberapa negara, seperti Jepang, Taiwan dan beberapa negara Arab.

TEKS  : REL | EDITOR : T PAMUNGKAS‎





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster