Implementasi Dana Desa, Tak Boleh Libatkan Pihak Ketiga

 74 total views,  3 views today

EMPAT LAWANG | KSOL — Program dana desa semakin dirasakan masyarakat, khususnya di Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang. Selain pembangunan fisik, beberapa desa terus menggenjot upaya pemberdayaan masyarakat melalui pembinaan dan sosialisasi.

Rabu (21/9/2016), 2 desa di Kecamatan Saling (Desa Tanjung Ning Simpang dan Tanjung Ning Tengah) melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD). Kegiatan dilakukan, sebagai implementasi Dana Desa 2016. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Tim dari Badan Pemberdayaan Masyatakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Empat Lawang.

kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa Tanjung Ning Simpang dan Tanjung Ning Tengah

kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa Tanjung Ning Simpang dan Tanjung Ning Tengah

Camat Saling, Aidil Yuliansah memastikan, siap memantau program dana desa agar tepat sasaran, demi kepentingan masyarakat desa. Oleh sebab itu, menurut Aidil, pembangunan yang di desa tidak boleh melibatkan pihak ketiga, harus masyarakat penduduk asli Desa tersebut. “Jadi kita melibatkan masyarakat langsung. Artinya, desa itu memberdayakan masyarakat desa sendiri, dan harus se-ia dan sekata,” kata Aidil kepada kabarsumatera.com.

Aidil juga menjelaskan, dalam membangun desa bukan hanya bangunan fisik saja, tapi juga Sumber Daya Manusianya (SDM) juga harus ditingkatkan. “Jadi melalui inilah kita ajak masyarakat bersama-sama gotong royong dalam membangun desa kita,” jelasnya.

Lebih lanjut Aidil mengatakan, pembangunan di desa khususnya, di Kecamatan Saling harus dijaga dan dirawat bersama-sama. “Saya minta pembangunan di desa harus dirawat, karena pembangunan ini kita sendiri yang menggunakannya dan kita sendiri yang menikmatinya,” imbaunya.

Sementara itu Kasubid Ketahanan Masyarakat BPMPD Empat Lawang, Haris Sukaimi berharap, adanya PMD ini agar masyarakat dapat berperan aktif dalam melakukan pembangunan di desa. “Dengan adanya pemberdayaan masyarakat ini, masyarakat desa bisa lebih memahami  pentingnya gotong-royong dalam mendukung pembangunan di desa,” tukasnya.

TEKS/FOTO : ARI | EDITOR : SAUKANI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com