PANITIA QURBAN MASJID NURUL IMAN KECEWA KEPADA PANITIA QURBAN PTBA

20 total views, 3 views today

TANJUNG ENIM | KSOL – Meski  Hari Raya Idul Adha 1437 H, sudah berlalu, tapi rasa kecewa masih tersimpan di jajaran Pengurus Masjid Nurul Iman Talang Jawa Tanjung Enim. Pasalnya, tahun ini masjid yang terletak 100 meter dari kantor besar PT Baukit Asam (persero) Tbk itu, tahun ini sama sekali tidak mendapat bantuan hewan kurban sebagaimana sebelumnya.

Padahal, menurut Kadri, Ketua Panitia Kurban Masjid Nurul Iman, setiap tahun PTBA selalu memberi bantuan hewan kurban. Namun tahun ini ada yang kurang lengkap karena tidak ada partisipasi PTBA di Masjid Nurul Iman.

BERITA SEBELUMNYO : DEKAT PTBA, TAPI MASJID NURUL IMAN TAK DAPAT BANTUAN HEWAN KURBAN

Anwar Yahya, salah satu panitia bidang seksi umum Panitia Masjid Nurul Iman Talang Jawa, mengungkapkan kekecewaannya terhadap panitia kurban PTBA tahun ini. Menurutnya, hewan kurban dari PTBA yang selalu di terima masjid Nurul Iman setiap tahunnya sangat diharapkan. Namun entah Anwar juga tidak mengerti mengapa tahun ini masjidnya tidak menerima bantuan hewan kurban sapi.

BERITA TERKAIT : Bantuan Hewan Kurban PTBA Meningkat : Dari 38 menjadi 46 Ekor Sapi

“Sebelumnya kami sudah mengikuti mekanisme terlebih dahulu. Kami mengirimkan proposal permintaan bantuan hewan kurban kepada Lurah Pasar agar diketahui. Karena aturan pihak panitia kurban PTBA memerintahkan seperti itu.Tapi ternyata tidak dapat juga jatah kurban yang ditunggu,” jelasnya.

Dikatakan Anwar, satu hari sebelum pendistribusian hewan kurban dari panitia kurban PTBA, pihaknya diberitahu pihak Kelurahan Pasar. Pihaknya menyebutkan untuk tahun ini, aturannya 1 desa atau kelurahan hanya dapat jatah 1 ekor sapi.

Suasana Jemaah Shalat Idul Adha Masjid Nurul Iman 1437 H/12/9/2016

Suasana Jemaah Shalat Idul Adha Masjid Nurul Iman 1437 H/12/9/2016

“Itu artinya, bila aturan seperti itu tentu untuk Kecamatan Lawang Kidul hanya menerima 7 ekor sapi dari 3 kelurahan dan 4 desa yang ada. Jelas dengan jumlah seperti itu, tidak akan bisa menjangkau dari semua perwakilan masyarakat ataupun masjid, dong,” ujarnya setengah memprotes.

BERITA LAINNYO : Idul Adha : Tauladan Transformasi Pesan Agama dan Perjuangan Kemanusiaan

Anwar mencontohkan di pemukiman kawasan Talang Jawa. Tahun ini hanya ada 3 masjid besar, termasuk salah satunya Nurul Iman. Menurut Anwar, wilayah Talang Jawa masuk di wilayah 2 kelurahan, yakni Kelurahan Pasar dan Tanjung Enim.

“Jadi intinya kami yang tinggal di Talang Jawa yang nota bene letak geografisnya sangat dekat dengan kantor pusat  PTBA sama sekali tidak tersentuh kurban, kan kebangetan, tuh panitia,” ujarnya.

Biasanya tahun sebelumnya setiap kelurahan mendapat 3 jatah sapi, agar bisa merata menjangkau lapisan masyarakat di Lawang Kidul. Dengan begitu, Masjid Nurul Iman yang berada di kawasan pemukiman Talang Jawa juga akan mendapat jatah kuota 1 ekor kurban sapi dari PT BA.

Ketika dikonfirmasi ke Senior Manager (SM) CSR PTBA, Saiful Islam terkait masalah ini, melalui telepon selulernya sebanyak 2 kali panggilan ponselnya tidak diangkat, meski dalam keadaan aktif.

BERITA TERKAIT : 20 Hewan Kurban dari Turki Dipotong di Palembang, Alex Noerdin Berkurban Sapi Limusin

Namun ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat (SMS) ke nomornya, tidak begitu lama langsung dijawab (dibalas) dengan mengatakan,‎ “Terima kasih infonya, pak. Pembagian dilakukan oleh panitia kurban PTBA, jadi silakan ditanyakan langsung kepada Pak H Dayadiningrat,” ujarnya dalam SMS.

Panitia Kurban Masjid Nurul Iman berharap, di masa mendatang, kasus serupa tidak boleh terjadi. Sebab tidak adanya bantuan hewan kurba dari PTBa ke Masjid Nurul Iman, banyak mengundang tanya dari jemaah. “Kita harapkan, kasus ini jangan terjadi di tahun mendatang, sehingga tidak membuat jemaah dan pengurus juga bertanya-tanya, ada apa ini sebenarnya. Biasanya daoat jatah kok tahun ini tidak,” ujarnya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM | EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com