Idul Adha : Tauladan Transformasi Pesan Agama dan Perjuangan Kemanusiaan

 349 total views,  2 views today

TANJUNG ENIM | KSOL – Idul Adha sudah seharusnya dimaknakan ketaualdanan dari seorang Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail. Dalam kisahnya, Nabi Ibrahim mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan.  “Iedul Adha merupakan refleksi atas catatan sejarah perjalanan kebajikan umat manusi masa lampau, untuk mengenang perjuangan suri tauladan yang ditorehkan Nabi Ibrahim AS,” ujar Ustadz Nasrullah Imron. Lc, saat berkhutbah Idul Adha di Masjid Nurul Iman Talang Jawa Tanjung Enim, Senin (12/9/2016).

Lebih lanjut, Nasrullah menegaskan, dalam konteks Idul Adha, mimpi Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya, Ismail, merupakan sebuah ujian Allah Swt, sekaligus perjuangan Maha berat bagi seorang nabi yang diperintahkan Allah Swt melalui malaikat Jibril. Betapa sedihnya seorang Nabi Ibrahim harus mengurbankan anaknya dengan disembelih.

Suasana Jemaah Masjid Nurul Iman Talang Jawa Tanjung Enim, (Senin,12/9/2016) jelang Shalat Idul Adha

Suasana Jemaah Masjid Nurul Iman Talang Jawa Tanjung Enim, (Senin,12/9/2016) jelang Shalat Idul Adha

“Nah, peristiwa itu harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukan ketakwaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang Ibrahim pada titah Sang Pencipta,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al Hafiz Air Lintang Kota Muara Enim ini juga menekankan arti taqwa kepada ratusan jemaah.  Menurutnya kalimat taqwa adalah sebuah dorongan kepada setiap jemaah untuk menjadikan setiap umat selalu dekat kepada Allah SWT sebagaimana yang dikatakan oleh para ulama tentang hari berqurban.

Menurutnya, ‎Idul Qurban terdiri dari dua kata dalam bahasa Arab, “Id dan Qurban”. “Ied” berasal dari kata ‘aada – ya’uudu, bermakna : kembali. Qurban, dari kata qaraba-yaqrabu, bermakna: mendekat.‎

Oleh sebab itu, Nasrullh menegaskan, impelemntasi Idul Qurban dalam keseharian bisa dimaknai sebagai sebuah hari, dimana setiap umat di dunia harus tetap berupaya kembali pada hakikat kemanusiaannya  yang wajib mendambakan dekat dengan Yang Maha Rahim.

“Alhamdulillah syukur kepada Allah SWT kita ucapkan selalu. Pada hari ini,di Hari Raya Idul Adha, setelah sebelumnya kita berqurban sebagai tanda keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, mulai dari terbenamnya matahari kemarin, kita bertakbir membesarkan dan mengagungkan Allah SWT. Kita bertahmid memuji Allah SWT, kita bertahlil lalu meng-Esakan Allah SWT dari seluruh penjuru dunia maupun kita yang ada disini,” ucap Nasrullah.

Terkhusus bagi jemaah yang menunaikan ibadah haji, pada waktu wukuf di Arafah memberi gambaran, kelak manusia akan dikumpulkan dipadang mahsyar untuk dimintai pertanggungjawaban‎.

Suasana Jemaah Masjid Nurul Iman Talang Jawa Tanjung Enim, (Senin,12/9/2016) jelang Shalat Idul Adha

Suasana Jemaah Masjid Nurul Iman Talang Jawa Tanjung Enim, (Senin,12/9/2016) jelang Shalat Idul Adha

Dua Tingkat Tak Menampung Jemaah

Sementara itu, Kadri, Ketua Pengurus Masjid Nurul Iman Talang Jawa, mengatakan Dewan Kemakmuran Masjid Nurul Iman dalam menyambut pelaksaan shalat Idul Adha sudah menyiapkan berbagai persiapan seperti menggelar rapat kesiapan kepanitian kurban dan berbagai hal lainnya.

“Kita sudah menyiapkan dan menambah tenda untuk di luar halaman masjid, mengingat kita sudah tahu pasti jemaah akan membludak. Namun  meski masjid kita sudah direnovasi menjadi 2 lantai , tapi tetap saja tidak bisa menampung jemaah khususnya di hari-hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha,” ujarnya.

Sebagai informasi, jemaah Masjid Nurul Iman Talang Jawa Tanjung Enim sudah mulai berdatangan sejak pukul 06.00 WIB. Tak pandang umur dan jenis kelamin, pria, wanita, tua muda, remaja dan anak-anak sudah mulai berdatangan untuk beramai-ramai melaksanakan ibadah shalat Idul Adha 1437 H/2016 M. Shalat baru dilakukan pada pukul 06.50 WIB, dan bertindak sebagai Imam dan khotif, Ustadz Nasrullah Imron,Lc dari Pondok Pesantren Al Hafiz Air Lintang kota Muara Enim.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN REPORTER RGBA FM | EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster