DEKAT PTBA, TAPI MASJID NURUL IMAN TAK DAPAT BANTUAN HEWAN KURBAN

 577 total views,  2 views today

TANJUNG ENIM | KSOL – Lokasi yang dekat, atau ring-1 di kawsan PT Bukit Asam (PTBA) Tanjung Enim, bukan jaminan mendapat bantuan hewan kurban. Buktinya, Masjid Nurul Iman Talang Jawa Tanjung Enim yang berada sangat dekat dengan PTBA, tahun ini tak mendapat bantuan seekor pun dari perusaahaan besar itu.

Hal ini diungkapkan Kadri, Ketua Penitia Kurban Masjid Nurul Iman. Kepada Reporter RGBA FM, Kadri menyebutkan tahun ini merasa tidak lengkap dalam prosesi pemotongan hewan kurban. Sebab, tidak biasa PTBA tidak membantu hewan kurban di Masjid yang diresmikan Bupati Muaraenim (alm) H Kalamudin Djinap, SH.

Tampak suasana pemotongan hewan qurban di Masjid Nuruliman Talang Jawa Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Senin (12/9/16).

Tampak suasana pemotongan hewan qurban di Masjid Nuruliman Talang Jawa Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Senin (12/9/16). (FOTO. DOK.KSOL/ALDO-RGBA FM)

“Alhamdulillah tahun ini, selain dari masyarakat, ada juga hewan qurban kambing dari perusahaan seperti PT Pama dan PT BKPL. Tapi sayangnya kurang lengkap, biasanya kita tiap tahun pasti mendapatkan hewan qurban sapi dari PTBA, namun tahun ini tidak dapat. Padahal jarak masjid kita hanya 50 meter dari kantor besar (pusat) PTBA,” ujar Kadri usai pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Nurul Iman Talang Jawa Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Senin (12/9/2016).

Namun demikian, mesti tanpa bantuan PTBA, Panitia Kurban Masjid Nurul Iman Talang Jawa tahun ini (1437 H/2016 M) tetap berhasil mengumpulkan hewan kurban sebanyak 5 sapi dan 7 kambing. Hewan qurban tersebut diperoleh dari kurban perseorangan, maupun dari perusahaan. Diantaranya ada juga dari arisan kurban yang dilakukan jamaah Masjid Nurul Iman.

Sementara itu, Ketika di konfirmasi ke Senior Manager (SM) CSR Saiful Islam terkait masalah ini, melalui telepon selulernya sebanyak dua kali panggilan, ponsel tidak diangkat meski dalam keadaan aktif.

Namun ketika di konfirmasi melalui pesan singkat (SMS) ke nomornya, tidak begitu lama mendapat jawaban yang berisi : “Terima kasih infonya, Pak. Pembagian dilakukan oleh panitia kurban PTBA, Jadi silahkan ditanyakan langsung kepada Pak H Dayadiningrat.

‎Tentang panitia kurbam di Masjid Nurul Iman, lebih rinci Kadri menjelaskan, dari kepanitian qurban ‎dibagi menjadi 5 kelompok untuk petugas penyembelihan sapi dan 7 kelompok untuk penyembelihan kambing.

“Untuk setiap kelompoknya dalam penyembelihan sapi petugasnya ada 6 orang termasuk korlap. Sementara untuk kambing cukup 3 orang, baik saat proses persiapan, penyembelihan, menguliti dan memotong dan membaginya dalam plastik,” jelasnya.

Kadri berharap kepada umat muslim, dalam merayakan dan memaknai Hari Raya Idul Adha,‎ dapat meniru suri tauladan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS dalam memaknai hidup dan cinta kita kepada Allah SWT, diatas segala-galanya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM | EDITOR : IMRON SUPRIYADI‎





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster