Sufism Yoga, Keheningan yang Menyehatkan Jiwa Raga

 433 total views,  2 views today

JAKARTA I KSOL — Setiap orang tentu ingin memiliki pribadi yang lebih baik. Namun acapkali datangnya ‘penyakit hati’—macam egois, serakah, dengki, pamer, takabur—sulit dibendung.

Menurut Pujiastuti Sindhu, praktisi yoga asal Bandung, Jawa Barat, penyakit hati bisa dibersihkan lewat sufism yoga. Ini disampaikannya kepada CNNIndonesia,com, di Bali, beberapa waktu lalu.

“Hati adalah satu tempat sakral dalam diri manusia, manifestasi karakter kebaikan,” kata sang yogi. “Kalau hatinya kotor, maka kebaikan tidak bisa diakses, sebab jalan pikiran terganggu.”

Gerakan sufism yoga mirip hatha yoga, namun dibarengi filosofi ala yogi Pujiastuti Sindhu, Sink your mind to your heart so your mind will be empty dan your heart will be full.”

Gerakan sufism yoga mirip hatha yoga, namun dibarengi filosofi ala yogi Pujiastuti Sindhu, Sink your mind to your heart so your mind will be empty dan your heart will be full.”

Sufism yoga, diyakini oleh yogi yang mempraktekkan yoga selama 20 tahun ini, mampu membuat tubuh rileks dan meretas penyakit hati. Dengan kata lain, tidak mudah terpancing emosi.

“Saat tubuh rileks dan nyaman, maka pikiran terbebas dari segala ketegangan, lalu segala perasaan [yang berkecamuk] pun mengendap,” kata perempuan berkulit kuning langsat ini.

Saat tubuh dan emosi seseorang terkendali, menurut Pujiastuti, maka lebih mudah baginya untuk mengakses hati dan memunculkan segala kebaikan. Misalnya, sikap pemaaf atau penolong.

Sebaliknya, jika tubuh tidak terkuasai dengan baik, pasti emosi berantakan, karena pikirannya tidak bisa mengatur emosi dengan baik. “Kalau jiwa sakit bagaimana kita bisa terpusat—khusyuk?”

Maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melatih tubuh dengan sufism yoga. Selain menjadikan tubuh lebih kuat, juga memudahkan mengakses kebaikan. Ini merupakan sains yang luar biasa.

Sufism yoga sendiri, menurut Pujiastuti, adalah yoga yang memadukan konsep sufisme atau tasauf. Pengajarannya berfokus pada pemurnian hati, mengenyahkan segala penyakit hati.

Saat ber-sufism yoga, tubuh menjadi tenang, pada saat itulah kebaikan bisa diakses. Bila berlatih sufism yoga secara rutin, Pujiastuti yakin, kepribadian seseorang akan menjadi lebih baik.

Sang yogi tidak memungkiri, banyak juga orang yang menyangsikan sufism yoga. Bahkan ada yang mengatakan, yoga sebaiknya tidak dilakukan, karena mengajak orang untuk mengosongkan pikiran.

“Itu tidak tepat,” ia menegaskan. “Beryoga bukan mengosongkan pikiran, tapi mengheningkan pikiran. Dengan pikiran tenang, kita bisa fokus dan lebih mudah terpusat—khusyuk. Itu kuncinya.”

Pujiastuti juga tidak mengelak bila banyak orang pun menganggap yoga haram. “Bisa ya, jika tidak tahu batasannya,” kata sang yogi. “Maka bagi umat muslim, jangan kebablasan, jangan paranoid.”

Gerakan sufism yoga tak berbeda dengan hatha yoga: lebih banyak peregangan atau stretching ke arah jantung, untuk melancarkan peredaran darah. Alias gerakan yang ‘membuka jalan’ ke dalam pikiran.

Sebagai muslim, Pujiastuti mengakui sufism yoga pun melatih salat yang khusyuk. “Tapi bukan yoga sambil salat, ya,” ia menegaskan. “Keheningan sufism yoga itu lah yang membiasakan khusyuk.”

Pujiastuti sendiri sehari-hari mengajar sufisme yoga di sebuah studio di Bandung. Tak jarang, ia juga menjadi yogi tamu di beberapa acara yoga massal, macam Bali Spirit Festival dan Namaste Festival.

Beberapa muridnya pun bersemangat mengikuti ke mana pun Pujiastuti menggelar kelas sufism yoga. Salah satunya Adela, warga Surabaya, yang mengaku sering mengikuti kelas tersebut di mana pun.

“Gerakan sufism yoga so magical,” kata Adela kepada CNN Indonesia.com, di Bali, beberapa waktu lalu. “Saat melakukan gerakan yoga, mata tertutup, tapi tetap awereness, mindfully.”

Diakui Pujiastuti, latihan sufism yoga memang mendatangkan keajaiban. Ini tak terlepas filosofinya, “Sink your mind to your heart, so your mind will be empty, and your heart will be full.”

TEKS : CNN INDONESIA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster