Muarenim Bakal Mekar Lagi, Gelumbang Akan Jadi Kabupaten Baru

 2,249 total views,  2 views today

logo-kabupaten-muara-enim-sumselMUARA ENIM | KSOL Semangat berdemokrasi di Kabupaten Muaraenim tak pernah henti. Keinginan warga di Bumi Serasan Sekundang untuk memandirikan diri dalam proses pembangunan terus menyeruak.

Kini, wilayah Muara Enim sebelumnya hanya ada 1 kabupaten, kini sudah mekar menjadi tiga wilayah, dua diantaranya hasil pemekaran, satu menjadi Kotif Prabumulih dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

 Mengiringi derap demokrasi di Kabupaten PALI dan Prabumulih, kini usulan menjadi kabupaten baru datang dari 6 kecamatan di Muaraenim (Kecamatan Lembak, Gelumbang, Sungai Rotan, Muara Belida, Kelekar dan Belida Darat). Enam kecamatan ini akan bersatu dalam naungan Kabuoaten Gelumbang.

“Jika disetujui pemerintah pusat, enam kecamatan, yaitu Lembak, Gelumbang, Sungai Rotan, Muara Belida, Kelekar dan Belida Darat akan memisahkan diri menjadi Kabupaten Gelumbang,” ujar Bupati Muaraenim, ir H Muzakir Sai Sohar, ketika memebri sambutan pada kunjungan kerja Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman SH MM, di Kabupaten Muaraenim, Rabu (07/09/16), sekitar pukul 20.00 WIB‎.

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar

Penjelasan ini disampaikan terkait dengan kehadiran Pangdam II/Sriwijaya yang di tahun 2013 pernah menjabat sebagai Komandan Korem (Darem) 044/Garuda dempo (GAPO). Menurut Muzakir, meskipun Muaraenim sudah mekar, namun jumlah penduduk tidak berkurang. “Jumlah warga  masih di atas lima ratus ribu jiwa dengan 20 kecamatan, 225 desa dan 10 kelurahan,” jelas Muzakir.

 Dalam sambutannya Muzakir menyampaikan selamat datang kepada Pangdam II/SWJ beserta jajaran di Bumi Serasan Sekundang Kota Adipura Muara Enim. Muzakir berharap, pertemuan silaturahmi kali itu mendapat berkah dari Allah SWT.

“Kami sangat senang dan bahagia atas kunjungan ini dan ucapan terima kasih dengan pertemuan Pangdam bersama masyarakat Kabupaten Muara Enim. Muara Enim iklim keamanannya cukup kondusif, karena selalu berkoordinasi dengan pihak Polres dan Kodim atau jajaran TNI,”ucap Muzakir.

Sementara itu, Pangdam II Sriwijaya Mayjend Sudirman dalam sambutannya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Muara Enim atas atensi yang diberikan dalam kunjungannya ke Muara Enim.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM | EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster