Idul Adha, Pemkab Empat Lawang Siapkan 17 Sapi Kurban

 841 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG | KSOL – Perayaan idul Adha 1437 Hijriah, pemkab Empat Lawang mempersiapkan 17 ekor sapi untuk dikurbankan. Idul Ahda jatuh pada, Senin (12/9/2016), pemotongan hewan kurban dilakukan usai shalat idul adha di halaman Pemkab Empat Lawang.

“Jumlahnya menurun dari tahun sebelumnya, cuma 17 ekor sapi. Tapi bisa saja bertambah lagi, masih ada beberapa hari kemungkinan ada SKPD mau berkurban lagi,” kata Kepala Bagian Kesra setda Empat Lawang, Munfajir Ghozali kepada kabarsumatera.com, (6/9/2016).

Karena jumlahnya sedikit, hewan kurban tidak disalurkan ke kecamatan. Hanya beberapa disalurkan ke masjid terdekat. Dari 17 ekor sapi kurban tersebut, ada satu sapi yang diserahkan oleh gabungan beberapa SKPD. Padahal, kata Munfazir, sudah diberikan himbauan untuk satu SKPD minimal satu ekor kambing. “Yang lucu itu satu sapi dibagi 7 SKPD, mestinya satu SKPD satu sapi. Bahkan ada SKPD yang telah mengirimkan surat kepada kami kalau mereka tidak menyumbang hewan qurban tahun ini,” jelasnya.

Dia juga menambahakan, masalah hewan kurban ini tidak ada kaitannya dengan anggaran. Karena untuk berkurban itu adalah hak dari pribadi orang masing-masing, dan tidak bisa dipaksakan. “Ya kita juga tidak bisa memaksa, karena ini hak pribadi mereka masing-masing. Dan juga kurban inikan kebijakan individual bukan kebijakan kolektif, tapi alangkah baiknya satu SKPD minimal menyumbangkan satu ekor sapi atau minimal satu kambing kurban,”tukasnya.

TEKS :  ARI | EDITOR : SAUKANI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster