Kades dan BPD Jangan Saling Mencari Kesalahan, Jangan Masuk 6 Bulan Sekali Saat Ambil Honor

 553 total views,  6 views today

MUARAENIM | KSOL – Camat Gelumbang, AM Musadeq, S.IP, M.Si terlihat serius pagi itu. Pesan yang ia sampaikan kepada jajaran Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Musadeq mengetakan, setelah dilantik  jajaran BPD harus pro aktif dalam melaksanakan kegiatan di desa. “Jangan hanya masuk 6 bulan sekali, itupun kalau ada honornya dan gajinya,” ujarnya saat melantik 43 Anggota BPD dari 7 Desa di Pendopoan Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muaraenim, Kamis (1/9/2016).

Lebih lanjut, Musadeq menegaskan, setelah dilantik anggota BPD harus dapat bekerjasama dengan Kepala Desa (kades) dalam membangun desa. Selain itu, jajaran BPD agar dapat melakukan sesuatu yang baru. “Tujuannya, untuk  meingkatkan taraf hidup warga desa,” ujarnya.

Oleh sebab itu, menurut Musadeq, apapun program yang akan dilaksanakan oleh kepala desa harus melibatkan jajaran BPD. Kedua lembaga ini, menurutnya harus ada ikatan emosional dalam membangun desa. “Bukan sebaliknya, hanya mencari kesalahan masing-masing dan selalu berfikiran negatif. Kedua lembaga ini harus berjalan bersama dalam membangun desa,” tegasnya.

Terkait dengan kucuran dana ke sejumlah dea, Musadeq mengatakan, para aparatur pemerintahan desa sudah seharusnya mempergunakan Anggaran Dana Desa (ADD) dan alokasi dana desa sesuai dengan peruntukkannya

Menurut Musadeq, di era sekarang pemerintan pusat sudah menyiapkan dana ratusan juta rupiah untuk membangun desa. Sejumlah dana itu ditujukan untuk pembangunan desa, baik fisik maun non fisik.

“Sedangkan kelurahan tidak ada dana pembangunan fisik seperti desa. Terkhusus untuk desa Segayam, sudah 15 tahun selalu menggunakan BPRD dan baru inilah digunakan BPD,” tandasnya.

Selain berpesan kepada anggota BPD, Musadeq juga mengimbau kepada para kades yang hadir. Seharusnya para kades dapat mengoptimalkan kantor dan balai desa untuk dipergunakan sesuai peruntukannya. “Sebab kalau kantor atau balai desa sudah direnovasi namun tidak digunakan akan mubazir. Jangan sampai hewan ternak yang menghuni kantor dan balai desa,” ujarnya.

Pelantikan anggota BPD di 7 desa ini, sekaligus menjawab pertanyaan panjang yang selama ini masih belum jelas juntrungannya, kapan pelatikan akan dilakukan. Berdasarkan  SK N0. 672 s/d 631/KPTS/BPMPD/2016 Bulan Agustus 2016, akhirnya 43 anggota BPD dari 7 desa itu dilantik. Ke 7 desa itu,  Desa Pinang Banjar (5 orang), Karang Endah Selatan (7 orang), Tambangan Kelekar (7 orang), Suka Jayadan (5 orang), Karta Mulia (5 orang), Midar (7 orang) dan Segayam (7 orang).

TEKS/FOTO : T PAMUNGKAS | EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster