Ada Puluhan Warga Diduga Kusta?, Kadinkes: Kami Turunkan Tim

 479 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KSOL –  Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang, langsung menurunkan tim ke Desa Kembahang Baru Kecamatan Talang Padang. Menyusul, adanya informasi bahwa di desa tersebut, terdapat puluhan warga menderita penyakit kusta.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada hasil resmi dari investigasi tim Dinkes. Namun, M Taufik, Kadinkes Empat Lawang menyebut,  jika benar ada 27 warga yang mengidap penyakit Kusta dalam satu wilayah, otomatis bisa dikatakan Kejadian Luar Biasa (KLB). “Kita belum bisa pastikan benar atau tidak. Nanti sajalah, kalau datanya sudah rill,” kata Taufik.

Saat ini, pihaknya sudah menurunkan tim untuk mendata angka rill di lapangan warga yang diduga mengidap penyakit Kusta. M Taufik menyebut, Penyakit Kusta adalah sejenis penyakit yang boleh dikatakan berbahaya atau tidak berbahaya, sebab penyakit ini dapat menular tapi tidak menulat dari individu ke individu lainnya. “Penyakit Kusta itu bisa dikatakan bahaya iya, tidak juga Iya. Penyakit Kusta itu menular tapi tidak menular,” jelas Taufik.

Informasi dihimpun kabarsumatera.com sebelumnya, ada sekitar 27 warga di Desa Kembahang Baru Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang, diduga terjangkit penyakit kusta. Bahkan  Lima orang warga diantaranya yang diduga terjangkit penyakit kusta itu, telah menderita hingga penyakit itu memakan organ tubuh seperti pada bagian tangannya.

TEKS  : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster