Pilkada Sistem e-Voting ? Mobius : Belum Ada Aturannya

 472 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KSOL – Gembar-gembor informasi menyebut bahwa pelaksanaan Pilkada Empat Lawang 2018 mendatang, bakal menggunakan sistem e Voting ternyata belum ada dasar. Bahkan, komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Empat Lawang sendiri, masih meyakini pilkada tetap pada sistem pencoblosan.

Ketua KPUD Empat Lawang, Mobius Alhazan

Ketua KPUD Empat Lawang, Mobius Alhazan

Ketua KPUD Empat Lawang, Mobius Alhazan mengakui, sampai saat ini belum ada aturan mengarah ke pilkada sistem e Voting. Meskipun, kata Mobius, Empat Lawang sudah sukses melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak e Voting 2015 lalu. “Sepertinya masih tetap menggunakan metode pencoblosan, karena belum ada aturan regulasi yang mengarah kepada Pilkada sistem e-Voting,” tegas Mobius, belum lama  ini (4/3/2016).

Sistem e Voting, kata Mobius, memang lebih efektif. Namun tetap harus ada perhitungan manual secara transparan dan terbuka untuk umum. Sampai sejauh ini belum ada aturan terbaru dari KPU Provinsi, apa lagi tentang mekanisme maupun tata cara pemilihan. Apabila memang ada aturan menggunakan e-Voting pihaknya yakin Empat Lawang siap melaksanakannya.

Informasi dihimpun kabarsumatera.com menyebutkan, sukses pelaksanaan pilkades serentak sistem e Voting di Empat Lawang 2015 lalu, ternyata memberi warna baru dalam sistem demokrasi di bumi saling keruani sangi kerawati. Tidak sedikit warga menilai, sistem e Voting lebih efektif dan valid. Namun, ada juga masih ragu, karena terkesan tidak transparan dan terbuka dalam perhitungan suara.

“Saya kira sulit lah kalau mau sistem e Voting, karena Pilkada 2018 nanti kan serentak juga. Tidak mungkin Empat Lawang beda sendiri,” cetus Burlian, warga Tebing Tinggi.

TEKS / FOTO : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster