Bentuk Karakter Bangsa Dengan Semangat Disiplin

 160 total views,  3 views today

PALEMBANG, KSOL — Karakter bangsa harus dibangun sejak dini, dan terus dilatih hingga dapat terwujud dan teraplikasi dalam kehidupan. Semangat juang karateka dapat mewujudkan nilai tersebut, hingga diharapkan pembangunan karakter bangsa dapat terlaksana secara berkelanjutan.

Hal itu dikatakan Ketua umum Pengurus Provinsi Kushin Ryu Karatedo Indonesia (KKI) Provinsi Sumatera Selatan, Abdul Aziz kepada Kabarsumatera.com kemarin usai pembukaan kejuaraan provinsi KKI Sumsel, piala Abdul Aziz kemarin di SMK 2 Palembang.

Menurut Aziz, semangat pantang menyerah atau Bushido, mengajarkan semangat yang tegas untuk mencapai tujuan. Nilai falsafah tersebut, jelas dia, memberikan kekuatan kepada para karateka untuk menjaga nilai tersebut sepanjang hayat.

“Disiplin inilah yang menjadi landasan karateka dalam membentuk manusia yang berkarakter,”katanya.

Anggota DPD RI asal Sumsel itu menjelaskan, semangat itu juga tertuang dalam sumpah karate yang wajib dihapalkan oleh para karateka yang berada dalam wadah KKI, dan karateka pada umumnya. Lima sumpah karate itu yakni : sanggup memelihara kepribadian, sanggup patuh pada kejujuran, sanggup mempertinggi prestasi, sanggup menjaga sopan santun, dan sanggup menguasai diri. “Sumpah karakte ini wajib dihapalkan, dan selalu di dibacakan setiap kali latihan. Ini menjadi pedoman bagi para karateka untuk menjaga sumpah setia mereka,”jelas Aziz.

Menurut Abdul Aziz, kejuaraan KKI se-Sumsel itu dilakukan untuk meningkatkan prestasi olahraga Karate khususnya KKI. Meski keberadaan olahraga karate saat ini sudah dikenal dan di Sumsel banyak sekali di jumpai dojo-dojo khususnya KKI. “Yang paling penting itu bagaimana meningkatkan prestasi dan meningkatkan semangat bushido olahraga karate ini di Sumsel,”terang Aziz.

Senada dikatakan Ketua Panitia Kejurda KKI piala Abdul Aziz, Mariyono melalui Ketua Pembinaan dan prestasi Pengprov KKI Sumsel, Brigadir Ari Bayoga mengungkapkan, kejuaraan tersebut akan berlangsung selama dua hari yakni pada 19-20 Maret 2016, yang akan berlangsung di SMK 2 Palembang. “Selama dua hari, dan kejuaraan ini diikuti 700 peserta internal KKI se-Sumsel,”kata dia.

Selain memperebutkan piala Abdul Aziz, para pemenang juga akan mendapatkan tropi dan medali serta dana pembinaan dari pengurus. “Yang akan diperlombakan yakni kumite dan kata, baik beregu dan perorangan. Untuk seluruh kelas dari nihi hingga junior,” pungkas dia.

TEKS : SONNY KUSHARDIAN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com