PALI Segera Punya Kilang Mini, Potensi Minyak 2.800 Barel per Hari

 259 total views,  2 views today

PALI, KSOL – Impian masyarakat PALI untuk memproduksi minyak sendiri bakal segera terwujud. Hal itu terungkap saat kunjungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Bumi Serepat Serasan PALI, belum lama ini (20/3).

“Dengan potensi minyak 2.800 barel perhari sebenarnya sangat memungkinkan untuk membangun kilang minyak skala mini,” ujar Sudirman kepada sejumlah media.

Menurut Sudirman, pembangunan kilang mini sangat memungkinkan bagi daerah yang produksi minyaknya tidak terlalu besar atau atas pertimbangan biaya angkut atau produksi yang tinggi. Dan kabupaten PALI sangat memungkinkan untuk itu. “Namun tentunya masih butuh kajian, mengingat di Sungai Gerong sudah ada kilang. Jadi harus dipertimbangkan lagi,” ujarnya

kunjungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Bumi Serepat Serasan PALI, belum lama ini (20/3).

kunjungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Bumi Serepat Serasan PALI, belum lama ini (20/3).

Gubernur Sumatera Selatan‎ Alex Noerdin menambahkan, bahwa pemprov Sumsel sudah memaparkan kepada menteri untuk pembangunan kilang di Tanjung Api-api, mengingat kilang di Sungai Gerong merupakan peninggalan Belanda.

“Tadi sudah disampaikan dan beliau sudah memberi sinyal setuju. Artinya di Tanjung Api-api dibangun kilang besar di sini (PALI, red) akan dibangun kilang mini,” tegas Alex.

Menteri ESDM Sudirman Said melakukan kunjungan kerja ke Bumi Serepat Serasan salam rangka melihat langsung produksi minyak di kabupaten yang belum genap berumur tiga tahun itu. Menteri mengunjung sumur 075 yang dibuka pada jaman Belanda dan sampai saat ini masih berproduksi mencapai 25 barel per hari. dan stasiun pengumpul utama 10‎ yang mampu memproduksi minyak sebesar 800 barel per hari.

Selain mengunjungi lokasi pengeboran minyak, menteri ESDM juga menyempatkan diri meresmikan peluncuran Kedai Eskrim Sahabat hasil produksi TP-PKK PALI. Kedai eskrim ini merupakan produksi asli PKK. Dimana bahan dasar susu merupakan produksi dari peternakan sapi perah milik PKK.

TEKS : T PAMUNGKAS
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster