INFO SMA LAKI — Salurkan Minat dan Bakat Siswa, SMAN 1 Lawang Kidul Gelar Pentas Seni

 1,403 total views,  2 views today

TANJUNG ENIM, KSOL – Untuk menyalurkan bakat siswa khususnya di bidang seni, SMA Negeri 1 Lawang Kidul melaksanakan kegiatan Pentas Seni (pensi) dalam rangka pengambilan nilai pelajaran praktek seni.

Mereka adalah siswa kelas XII, mendapatkan kesempatan terakhir untuk unjuk kebolehan menyalurkan bakat seninya. Kegiatan agenda tahunan ini dilaksanakan pada akhir pekan lalu di halaman sekolah setempat.

Pada saat kegiatan tengah berlangsung, mendapatkan apresiasi langsung kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Muara Enim, Drs Muzakar M.Pd, saat itu hadir untuk memberikan semangat kepada para siswa di sekolah negeri tersebut.

Prayogo, siswa kelas XII IPS A sebagai ketua pelaksana kegiatan Pensi mengatakan, ada 15 jenis kesenian yang ditampilkan siswa kelas XII. Mulai dari seni musik asemble, drama musikal, tari kreasi daerah dan modern. Kemudian musikalisasi puisi, perkusi dari barang-barang bekas, dan drama tradisi melemang asal daerah Sumsel.

“Ada 240 siswa kelas dua belas yang terlibat dalam acara pensi ini. Terdiri dari delapan kelas. Acara ini dalam rangka menyalurkan bakat seni siswa dalam rangka pengambilan nilai akhir praktek seni,”ungkap Prayogo.

Guru seni, Poliana Riama S.Pd mengatakan, bagi siswa kelas XII pada semester VI, pada mata pelajaran seni budaya wajib menampilkan pelajaran penciptaan. Dengan mengekspresikan kreativitas seni di dalam diri maupun kelompok.

“Jadi kegiatan pensi ini untuk mengisi nilai akademik mata pelajaran seni dan budaya. Karena pelajaran seni ini tidak ada nilai teori (kognitif). Dinilai melalui proses pada saat mengikuti pelajaran seni sehari-hari,”ungkapnya.

Sementara itu, Hj Rita Sustriani, M.Pd, Kepala SMAN 1 Lawang Kidul menerangkan, kegiatan Pensi (pentas seni) merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan OSIS. Kegiatan ini untuk mengaktualisasikan bakat siswa bidang kesenian, dalam rangka penilaian akhir mata pelajaran seni untuk siswa kelas XII.

“Pensi rutin digelar setiap tahun, untuk pengambilan nilai mata pelajaran seni siswa kelas XII. Dilaksanakan oleh Osis dan masing-masing kelas menampilkan bakat mereka bidang kesenian,” ungkapn‎ya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster