Kades Tidak Usah Demo, Gaji Pasti Dibayarkan

 329 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KSOL – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, melalui badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa (BPMPD) memastikan, gaji kepala desa (Kades) per Januari-Maret 2016 segera dicairkan.

Namun, diharapkan para kades bersabar. Tidak usah mendesak atau pun demo. “Jangan resah, apalagi mau demo. Gaji pasti kami selesaikan, namun semua kan ada prosedurnya,” jelas BPMPD Empat Lawang, Alhumaidi Saman, kemarin.

Saat ini, kata Alhumaidi, pihaknya masih mempersiapkan peraturan bupati (Perbub), tentang dana desa. Harus dipahami, bahwa gaji kades itu tertera didalam anggaran dana desa. Bukan hanya kades, semua SKPD di Empat Lawang saja baru bisa mencairkan dana beberapa hari terakhir, karena APBD baru saja disahkan.

‪Pembuatan perbup lanjutnya, juga masih menunggu palafon anggaran gaji kades dari pihak Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Nah, jika selesai dan ada plapon anggaran dana desa, maka perbup juga dapat diselesiakan dalam waktu dekat.”Jika dulu gaji kades berkisar Rp 1.425.000, mudah-mudahan saja ada peningkatannya, jadi kita bersabar menunggu itu saja sudah cukup,”katanya.

‪Sementara itu, salah seorang kades di kecamatan Tebing Tinggi, sempat mempertanyakan keterlambatan gaji kades 2016. Kemudian kades ini juga mendesak keterlambatan gaji dapat ditangulangi, sehingga tidak merugikan hak sang kades.”dulu tidak pernah telat, kami minta gaji para kades di lancarkan,”harapnya.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, selain mempertanyakan lambannya pencairan gaji, sejumlah kades dan perangkat berencana melakukan aksi demo di halaman pemkab Empat Lawang. Berkembang informasi, demo digelar dalam beberapa hari kedepan, jika dana gaji kades dan perangkat belum ada kejelasan.

TEKS : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster