OSL Sukses, Laporan Tindak Kriminal di Empat Lawang Menurun

 441 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KSOL – Tampaknya, Operasi Sadar Lintang (OSL) hingga pada episode yang ke lima, yang digiatkan Kepolisian Resort (Polres) Empat Lawang, sudah berhasil menekan angka kriminalitas di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Hal ini merujuk dari angka Laporan Polisi (LP) yang disampaikan masyarakat ke Polres Empat Lawang.

Jika bulan Januari 2016, laporan masyarakat terkait tindak kriminal mencapai 42 kasus, di bulan Februari 2016 ada kecendrungan laporan dari masyarakat menurun hanya 27 kasus. Artinya, angka penurunan laporan polisi mencapai 35 persen lebih.

AKBP Rantau Isnur Eka (Kapolres Empat Lawang)

AKBP Rantau Isnur Eka (Kapolres Empat Lawang)

Kapolres Empat Lawang, AKBP Rantau Isnur Eka melalui Kasat Reskrim, AKP Nanang Supriyatna membenarkan penurunan LP tindak kriminal dari masyarakat ke pihaknya dalam satu bulan belakangan ini. Menurutnya, bisa saja ini imbas dari gencarnya operasi yang pihaknya lakukan.

“Ya, ada penurunan laporan masyarakat ke kita, dari 42 kasus pada Januari, menurun menjadi 27 kasus sepanjang bulan Februari. Bisa saja ini imbas gencarnya operasi yang sering kita lakukan,” jelas Nanang.

Dikatakannya, dari 27 kasus yang masuk ke laporan polisi, hanya ada dua kasus pencurian dengan kekerasan, yakni terjadi di Desa Gunungmeraksa Kecamatan Pendopo (Induk) dan di Kecamatam Lintangkanan. “Jika dirincikan dari laporan yang masuk tidak ada kasus yang dominan yang terjadi sepanjang bulan februari ini,” katanya.

Disampaikannya, meski ada kecendrung penurunan kasus kriminalitas di Kabupaten Empat Lawang, Nanang menegaskan jika pihaknya tidak akan menurunkan intensitas pihak Polres Empat Lawang, pada operasi seperti yang sudah dilakukan belakangan ini.

“Kita akan terus gelar operasi semacam OSL. Hal ini sengaja terus kita lakukan, untuk menjaga rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat dan kondisi kabupaten ini agar terus kondusif,” tegasnya.

Sementara ketika ditanya apakah ada kendala yang dihadapi Polres Empat Lawang, menghadapi watak sebagian masyarakat kabupaten ini yang terkenal dengan sifat kerasnya, Nanang menyebut tidak ada kendala yang dihadapi. Sebab, kerasnya sifat yang dimiliki masyarakat Empat Lawang, hanya bersifat solidaritas kekeluargaan yang kuat sesama masyarakat. Disampaikannya, masyarakat Empat Lawang, menurutnya saat ini mulai lebih mengerti jika ada permasalahan yang tidak dapat diselesaikan di tingkat kampung atau desa, mereka cendrung menyampaikan laporan ke polisi tanpa harus bertindak anarkis atau melanggar hukum.

“Kita sudah sering menghimbau, agar masyarakat dapat menjaga dirinya sendiri dari tindakan kriminalitas dan setiap permasalahan hendaknya dilakukan dengan cara yang baik tanpa harus melakukan kekerasan,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster