Bebas Beberapa Menit, Digelandang Lagi Masuk Penjara

 246 total views,  2 views today

MUARA ENIM, KSOL –  Baru saja beberapa menit merasakan udara bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas ‎II B Muara Enim, Herwani alias Jik bin Yusman (31), warga dusun 1 desa Cinta Kasih Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim ‎sudah kembali di tangkap Satuan Reskrim dan Satuan Sabhara Polres Muara Enim, yang sudah menunggu di luar Lapas Muara Enim.

Tak ayal Herwani pun harus kembali masuk penjara. Bagaimana ceritanya sampai warga binaan lapas ini kembali masuk penjara? Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, Minggu, pagi itu (28/2/16), sekitar pukul 07.00 WIB, tersangka Herwani di nyatakan bebas oleh pihak Lapas setelah menjalani ‎proses hukuman selama 4 bulan, akibat kasus yang menjerat tersangka sebelumnya.

Kali ini tersangka ditangkap karena diduga melakukan tindak pidana melawan seorang pejabat kepolisian yang sedang melaksanakan tugas. Pelaku melanggar Pasal 214 (1) KUHP.

Peristiwa itu terjadi di Simpang III Talang Bulang, Desa Talang Bulang Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI. Kronologisnya, Kamis (01/10/ 2015), sekitar pukul 12.00 WIB, tersangka menghadang (Korban AKP Arsyad bin Sutan Abu), pejabat polisi yang sedang menjalankan tugas. Tersangka kali itu menggunakan senjata tajam.

Saat melakukan pengancaman, tersangka bersama dua saudara kandungnya, Herwanto alias Tok bin Yusman dan Ardoni bin Yusman  (keduanya masih di tahan di Lapas Muara Enim). Akibatnya 3 tersangka ditangkap. Mereka disidik dalam perkara memiliki dan menyimpan senjata tajam. Sehingga tersangka Herwani dan dua saudaranya sudah ada kepastian hukum. Mereja divonis masing-masing 4 bulan, 1 tahun 2 bulan dan 9 bulan.

Tersangka Herwani pada Hari Minggu (28/2/2016) sekitar pukul 07.00 pagi WIB, telah bebas menjalani hukuman kepemilikan senjata tajam. Anggota Reskrim dan Anggota Sat Sabhara, yang dipimpin Kanit Pidum Iptu Alfian SH dan Kateam Buser Aiptu Hasim SH dari Polres Muara Enim langsung  melakukan penangkapan di luar Lapas Muaraenim, saat tersangka hendak dijemput anggota keluarganya‎.

Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto SIK, M.Si melalui ‎Kasat Reskrim AKP Khalik Zulkarnain SH S.IK dan didampingi Kasubag Humas Iptu Arsyad AR kepada Reporter RGBA FM, Senin (29/2/16) menerangkan, ke 3 tersangka perkaranya dibuat 2 (dua) yaitu; ‎ pertama; mengenai senjata tajam (sajam), kedua melakukan tindak pidana melawan seorang petugas yang sedang menjalankan tugas.

Menurut Khalik‎, berkas perkara sudah dikirimkan ke Kejaksaan Negeri Muara Enim, nomor : Bp/110/XIi/2015/ Reskrim tanggal 28 Desember 2015. An. Herwanto alias Tok alias Mat Japar bin Yusman dkk. Dan pada tanggal 11 Januari 2016, berkas perkara dikembalikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Muara Enim.

Sementara untuk dilengkapi penangkapan terhadap ketiga tersangka berdasarkan laporan anggota polisi, yang dikuatkan dengan bukti LP/B/488/IX/2015/SUMSEL/RES M ENIM, tanggal 01 oktober 2015.

Akibatnya tersangka dijerat dengan dua perkara yang berbeda. Dengan sangat terpaksa tersangka Herwani harus kembali merasakan dinginnya hotel prodeo Polres Muara Enim.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN –  REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster