Miris, Jalan Lingkar Antara Desa Muara Emil-Pagar Dewa Rusak Parah. Kades : Sejak Dibangun Belum Ada Perbaikan

 309 total views,  2 views today

TANJUNG AGUNG, KSOL – Tidak hanya di sisi peningkatan kesejahteraan, namun juga di sisi fasilitas publik, seperti jalan sebagai akses jalur transportasi dari desa-desa ke ibu kota pemerintahan, mesti harus menjadi perhatian pemerintah, baik pemerintahan kabupaten/kota, provinsi. Ataupun pusat. Karena bila tidak tentu akan menjadi salah satu sumber penghambat atau kendala bagi para petani dalam mengangkut dan menjual hasil bumi nya untuk di bawa menuju ke luar kota. Demikian halnya yang terjadi di

Masyarakat di kawasan Jalan lingkar Desa Muara Emil – Pagar Dewa, Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, tepatnya di kampung 3 mengeluhkan kondisi jalan di desanya yang rusak parah. Tidak hanya warga setempat, pengguna jalan roda dua dan empat pun yang melintas menyesalkan kondisi jalan yang kian rusak.

Putra (35 ) salah satu warga setempat mengatakan, jalan rusak ini sudah cukup lama terjadi dan hanya dibiarkan. Hal ini sangat mengganggu aktivitas warga yang akan melintas untuk menuju ke kebun atau mengangkut hasil tani.

“Bisa di lihat sendirikan? Kondisi jalannya becek berlubang dan tergenang air bila hujan. Belum lagi sebagian lubangnya besar dan hampir memakan seluruh badan jalan,jadi bila melintas harus hati-hati,” jelasnya sambil bertanya.

Kondisi Jalan yang rusak parah

Kondisi Jalan yang rusak parah

Lobang tersebut, lanjut dia membentuk kubangan yang cukup dalam,sehingga saat melintas harus sangat hati-hati, karena bila tidak bisa saja terjatuh ataupun terjebak roda kendaraan nya. “Kalau sampai itu terjadi, tentu kita sendiri nanti yang repot,” ujarnya.

Ia berharap agar jalan tersebut dapat segera diperbaiki secepatnya oleh pihak terkait. Sebab jalan tersebut merupakan akses jalan penghubung antara desa Pagar Dewa dan Desa Muara Emil, juga menuju ke desa-desa tetangga lainnya‎.

Sementara itu Kades Muara Emil Hazairin ketika di konfirmasi tentang hal itu membenarkan keadaan rusaknya akses jalan tersebut. “Jalan itu kami beri nama Jalan Tangga Dewata, dan kami akui kondisinya saat ini memang rusak cukup parah,” ujarnya serius.

Menurutnya, sejak di bangun dan diaspal tahun 2007 akses jalan di desanya mulai dari Jembatan Merah Muara Emil sampai ke beberapa desa lainya seperti Pagar Dewa,Tanjung Bulan, Lesung Batu dan Embawang  tidak pernah diperbaiki pemerintah,” jelasnya.

Di ungkapkan jalan tersebut dibangun pada pemerintahan Bupati H Kalamudin Djinab tahun 2007. Sejak itu hingga sekarang, belum pernah diperbaiki. Padahal jalan itu akses yang menghubungan Muara Emil dan Pagar Dewa serta desa-desa lain menjadi lebih dekat.

“Kerusakan yang parah kira-kira satu tahun belakangan ini. Namun perbaikannya sudah kita ajukan melalui Musrenbang tahun 2015. Rencananya, tahun ini jalan ini akan diperbaiki. Kita berharap hal ini dapat segera direalisasikan, karena jalan tersebut sangat dibutuhkan warga untuk melintas atau pun membawa hasil bumi untuk di bawa ke luar kota,” pungkasnya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster