Kajari Muaraenim : Narkoba Mengakibatkan Penurunan Produktifitas Kerja

 261 total views,  2 views today

MUARA ENIM, KSOL— Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim, Adhyaksa Darma Yuliano SH MH, mengatakan, penyalahgunaan narkotika membawa dampak yang luas dan kompleks. Diantaranya mengakibatkan penurunan produktifitas kerja, perubahan perilaku, meningkatnya tindak kekerasan dan kriminalitas. Akibat dari itu dapat menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

Hal itu dikatakan Adhyaksa terkait dengan upaya Kejari Muaraenim dalam memberantas narkoba di Muaraenim. Hal ini menjadipenting, sebab menurutnya kejaksaan merupakan gerbang kedua dalam tatanan criminal justice system seperti halnya narkoba.

Tampak Kejari, Adhyaksa di Dampingi Sekda Muara Enim, Hasanudin, Kapolres Muara Enim, AKBP Nuryanto , Dandim 0404 Letkol Inf Jamaludin, Wakil Ketua PN, Kadinkes dr Yan Riyadi, Saat Melakukan Pemeriksaan dan Pembakaran BB Narkoba di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim, Kamis (25/2/16).

Tampak Kejari, Adhyaksa di Dampingi Sekda Muara Enim, Hasanudin, Kapolres Muara Enim, AKBP Nuryanto , Dandim 0404 Letkol Inf Jamaludin, Wakil Ketua PN, Kadinkes dr Yan Riyadi, Saat Melakukan Pemeriksaan dan Pembakaran BB Narkoba di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim, Kamis (25/2/16).

Diakui, penyalahgunaan narkotika dewasa ini telah menyerang usia muda, saru fase yang seharusnya masa belajar untuk meraih masa depan. Tetapi cita-cita itu harus sirna karena berurusan dengan obat-obatan terlarang. Oleh karena itu, penanganan terhadap tindak pidana narkotika harus ditangani dengan sangat serius, sebagai bagian dari penegakan hukum.

Terkait dengan hal itu, Kejari Muaranim, berupaya semaksimal mungkin dalam memerankan dir untuk pemberantasan penyalahgunaan narkotika. Menurtnya, penanganan kasus tindak pidana tersebut selalu ditangani dengan serius dan kritis serta menuntut para pelakunya dengan tuntutan tinggi. Sehingga diharapkan menghasilkan efek jera bagi para pelaku serta untuk memberikan rasa keadilan bagi masyarakat dan juga mendukung program pemerintah dalam upaya pemberantasan tindak pidana narkotika.

Keseriusan ini terlihat ketika Kejari Muara Enim, melakukan pemusnahan barang bukti (BB) Narkotika jenis ganja, shabu-shabu dan ekstasi di halaman kantor Kejari Muara Enim Jalan A. Yani, beberapa waktu lalu, Kamis (25/2/2016) sekitar pukul 09.30 pagi WIB.

Hadir pada acara itu Sekretaris Daerah Muara Enim, Ir H Hasanudin, Kapolres Muara Enim, AKBP Nuryanto SIK MSI, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Jamaludin, Wakil Ketua PN Muara Enim, Kabag Kesra Pemkab Muara Enim Drs Rusdi Hairullah MSI, Kadinkes Muara Enim dr H Yan Riyadi Mars, dan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Muara Enim, H Rinaldo SSTP, M.Si.‎

Tercatat di Kejari Muaraenim, dari 96 perkara tindak pidana narkotika sejak Bulan Desember 2014 sampai Bulan Januari 2016 merupakan pelimpahan perkara melalui kepolisian dan BNN, yakni jenis Ganja seberat 1.398.169 gram senilai Rp. 5.033.408, jenis Shabu-shabu sebanyak 178.336 gram senilai Rp. 252.596.400 dan Ekstasi sebanyak 120 butir senilai Rp. 36.000.000,” ujarnya. “Seluruhnya berjumlah Rp. 293.629.808 dengan estimasi harga ganja Rp. 3.600/gram, shabu-shabu Rp. 1.400.000/gram dan ekstasi Rp. 300.000/butir,” pungkasnya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN –  REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster