Isak Tangis dan Keharuan, Warnai Peresmian Jembatan Pulo Emass

 513 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KSOL – Peresmian Jembatan Pulo Emass yang dibangun sebagai cikal bakal pembangunan pusat perekonomian dan ikon pariwisata masyarakat Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, Kamis (3/3/2016) diwarnai isak tangis dan keharuan.

Pasalnya, para tamu undangan dan masyarakat yang hadir dalam peresmian itu, teringat kepada sosok H Budi Antoni Aljufri alias HBA yang kini sudah dinonaktifkan dari jabatan sebagai Bupati Empat Lawang.

Pengguntingan pita peresmian Jembatan Pulo Emass

Pengguntingan pita peresmian Jembatan Pulo Emass

“Pulo Emass ini dibangun dari buah pemikiran seorang HBA, selain bahagia, saya haru dia tidak bisa melihat dan meresmikan jembatan pulo emass ini,” ujar Fauzih saat menyampaikan laporan pembangunan Jembatan Pulo Emass, Kamis (3/3/2016).

Jembatan Pulo Emass, kata Fauzi, sebagai akses penting dalam mengembangkan Pulo Emass sebagai pusat perekonomian dan wisata daerah. Selain itu, Pulo Emass adalah solusi bagi penyelesaian masalah kepadatan dan kemacetan di kawasan Pasar Tebing Tinggi. Dalam pembangunan Jembatan dengan panjang 90 meter ini bukanlah hal yang mudah dilaksanakan.

Sebelum melakukan pembangunan, Fauzih membeberkan bahwa pihaknya sampai melakukan satudi banding ke Kutai Karta Negara Kalimantan Timur. “Kabupaten Kutai itu apbdnya besar tapi pengerjaan jembatan itu sampai 10 tahun. Ini kita besyukur bisa mengerjakannya, walaupun belum selesai seutuhnya,” jelasnya.

Jembatan dengan anggaran Rp22 miliar ini walaupun sempat molor pengerjaannya, namun tetap bersyukur selesai dikerjakan. “Ini belum seutuhnya selesai, ini terkait anggaran yang terbatas, belum lagi pemotongan-pemotongan anggaran yang terjadi,” kata dia.

meninjau jembatan pulo emass

meninjau jembatan pulo emass

Selain itu, Fauzih meminta dinas terkait untuk sama-sama menyelesaikan beberapa poin-poin penunjang di Jembatan Pulo Emass ini. Seperti lampu yang sudah terpasang itu belum dialiri listrik. Dan jembatan ini direncanakan akan di full kan taman. “Nah, saya minta dinas pertambangan dan energi untuk mengaliri listrik. Dan dinas Pertamanan untuk masalah taman. Kalau kita bersama-sama, maka akan selesai sesuai harapan,” ungkapnya.

Sudah beberapa jembatan yang dibangun oleh PUBM. Diantaranya jembatan air lintang, jembatan musi II, jembetan gantung multi fungsi, jembatan tanggo rasa, jembatan kuntang, sugiwaras. “Dan ini jembatan Pulo Emass. Kalau memungkinkan akan membangun jembatan ponton di 2016,” tutur dia.

Ketua DPRD Empat Lawang, H David Hadrianto mengatakan, selaku DPRD yang merupakan mitra pemerintah, pihaknya akan mendukung seluruh program yang membangun Empat Lawang ini. Terutama pembangunan pulo emass, sebagai program bersama pasangan H Budi Antoni Aljufri dan H Syahril Hanafiah (Berhasil), harus selesai tuntas demi perwujudan Empat Lawang Emass nan Gemilang.

Diinformasikan, David termasuk sosok yang paling getol mengawasi pembangunan jembatan Pulo Emass, karena rumah pribadinya berada tak  jauh dari lokasi pembangunan. Makanya kata David, dengan selesainya jembatan ini ke depan akan diprioritaskan pembangunan akses di dalam Pulo Emass, karena sudah ada bangunan pasar tradisionall disana.

Akses juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana jogging track dan lainnya, karena udara di kawasan Pulo Emass masih segar.  “O iya, baru-baru ini saya menjenguk HBA. Beliau nitip salam kepada seluruh masayarakat Empat Lawang. Dan nitip salam juga untuk Plt Bupati dan berpesan dapat melanjutkan program-program yang telah disusun bersama-sama dahulu,” ungkap David.

Sementara itu, Plt Bupati Empat Lawang, Syahril Hanafiah mengatakan, pembangunan jembatan Pulo Emass hanya sebagian kecilnya saja. Masih banyak program lain yang telah diselesaikan. “Contoh PUBM yang telah melakukan pembangunan lainnya. Begitu juga Dinas-dinas lainnya yang telah melakukan pembangunan. Kita besyukur dengan anggaran kecil, bisa melakukan pembangunan-pembangunan,” kata Syahril.

Kedepan, Pemkab mohon dukungan untuk program yang disusun untuk mencapai empat lawang emass.Paling tidak apabila tidak terwujud semua, minimal separuhnya. “Siapapun yang akan melanjutkan roda pemerintahan nanti, tolong masyarakat untuk mengingatkan program yang telah kami rencanakan agar dapat dilanjutkan,”tukasnya.

TEKS / FOTO : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster