Objek Wisata Putri Dayang Rindu Terkendala Akses Jalan

 1,489 total views,  2 views today

TANJUNG AGUNG, KSOL –  Salah satu objek wisata di Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan, Air Terjun Napal Carik “Putri Dayang Rindu” hingga kini belum banyak pengunjung. Alasnanya, potensi wisata yang dapat mendapatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ini masih terkendala akses jalan. “Untuk menuju kesana hanya bisa di lalui dengan kendaraan roda dua dan itupun harus berjalan kaki,” ujar Kepala Desa Muara Emil, Hazairin didampingi perangkat desa saat menyambut kedatangan para pewarta dari Komunitas Jurnalis Muaraenim (KJM), Sabtu (27/2/2016).

Lebih lanjut, hazairin menjelaskan, jarak tempuh dari Kantor Camat Tanjung Agung menuju lokasi Air Terjun sejauh 14 km. Untuk mengatasi kendala itu warga telah membuka jalan yang dilaksanakan secara swadaya. Hal ini dilakukan, mengingat di lokasi tersebut ada sekitar 60 kepala keluarga yang beraktivitas sebagai petani dan lahan perkebunan.

Terkait dengan objek wisata yang berada di hutan kawasan, pihaknya sudah menyampaikan kepada Bupati Muara Enim, yang juga telah disampaikan kepada kementerian Kehutanan RI terkait pinjam pakai hutan kawasan.

“Alhamdulillah sejak 6 bulan lalu, tim dari Kementerian RI didampingi dari provinsi dan kabupaten turun ke lokasi dan hasilnya telah mengeluarkan izin pinjam pakai lahan seluas 4000 hektar yang telah diambil titik koordinatnya,” ujar Hazairin.

Diterangkan oleh Hazairin, 2 bulan lalu petani di desanya sudah mendapatkan bantuan sebanyak 5000 bibit ‎‎durian dengan mutu baik. “Itu pun petani sudah dilakukan penanaman di lokasi kebun warga,” ujarnya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster