Dua Kecamatan di Empat Lawang, Dapat Bantuan Rice Transplenter

 258 total views,  4 views today

EMPAT LAWANG, KSOL – Kabar gembira untuk petani padi di Empat Lawang, pasalnya Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (DP3) Empat Lawang, Senin (24/2) kemarin mendapat bantuan 2 buah rice transplenter atau alat bantu percepatan tanam bagi petani padi dari Kementrian Pertanian RI, yang akan di bagikan kepada petani padi di Bumi Saling Keruani Kerawati ini dalam waktu dekat ini.

“Alat ini khusus tanam padi, jumlahnya 2 buah dari Kementrian Pertanian RI,” ujar Kepala DP3 Empat Lawang, Rudianto saat ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, alat tersebut akan dibagikan dengan petani akan di bagikan dalam waktu dekat ini. “Rencananya 1 di Pasema Air Keruh (Paiker), 1 lagi untuk wilayah Pendopo. Memang dua wilayah ini yang mengusulkannya,” tutur Rudi.

Dengan alat percepatan tanam padi ini, petani akan lebih dipermudah. sebab, dengan menggunakan alat tersebut, cukup dua orang saja yang melakukan penanaman, maka akan selesai penanaman. “Kalau manual bisa lebih dari 10 orang, makan waktu, kalau pakai rice transplenter cukup 2 orang. Jadi petani pokoknya dipermudahkan,” katanya.

Rudi menuturkan, bantuan alat percepatan tanam padi di Empat Lawang bukanlah pertama kali ini didapatkan pihaknya. Sebelumnya, pada 2015 lalu juga telah dibagikan sebanyak 6 buah rice transplenter kepada petani. “Kami bagikan kepada kelompok tani, yakni 1 di Muara pinang, 1 Paiker, 1 Saling, 2 Tebing Tinggi, 1 lintang kanan,” bebernya.

Dan alat rice transplenter ini akan terus diajukan pihak DP3 sesuai dengan kebutuhan dan ajuan dari pihak kelompok tani.

“Kalau memang dibutuhkan, dan ada pengajuan dari kelompok tani, maka kami akan segera ajukan ke Kementrian,” pungkasnya.

Untuk diketahui, produksi beras Kebupaten Empat Lawang di 2015 mengalami peningkatan produksi ( Surplus) sebanyak 31.747 ton. Dimana di 2015 mencapai 148.555 Ton dari 116.808 Ton beras dihasilkan di tahun 2014.

TEKS/FOTO : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster