Kesadaran Warga Membuat SIM di Polres Empat Lawang Cukup Tinggi

 316 total views,  4 views today

EMPAT LAWANG, KSOL – Penantian panjang masyarakat Empat Lawang untuk bisa membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, akhirnya bisa terlaksana. Secara resmi, Polres Empat Lawang melalui Satlantas sudah mulai melayani pembuatan SIM, sejak Senin (22/2/2016).

AKP Indra Jaya, Kasat Lantas Polres Empat Lawang

AKP Indra Jaya, Kasat Lantas Polres Empat Lawang

“Sebetulnya sudah bisa melayani pembuatan SIM pekan lalu, namun kesiapan dari personil BRI baru hari Seni pekan ini,” ungkap Kapolres Empat Lawang, AKBP Rantau Isnur Eka SiK, melalui Kasatlantas AKP Indra Jaya SH, Selasa (23/2/2016).

Indra menjelaskan, sejak dibuka dua hari lalu, antusiasme dan kesadaran masyarakat untuk membuat SIM cukup tinggi. “Mungkin sudah lama dinantikan masyarakat, makanya saat ada pengumuman bahwa Polres Empat Lawang sudah bisa melayani pembuatan SIM, masyarakat mulai mendatangi Polres Empat Lawang,” jelasnya.

Indra Jaya juga mengatakan, pihaknya sudah mencanangkan program pembuatan SIM secara kolektif. Selain memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, program ini bertujuan untuk menjangkau masyarakat yang jaraknya cukup jauh dari Mapolres Empat Lawang. Akan tetapi, terlebih dahulu diajukan permohonan dari Kepala Desa (Kades), Camat atau Kepala Sekolah (Kepsek), sebagai koordinator pembuatan SIM kolektif.

“Sistemnya, petugas kami akan mendatangi lokasi untuk uji kompetensi calon pembuat SIM. Jika nantinya dinyatakan lulus tes, maka bisa langsung ke Mapolres untuk proses pengambilan foto dan sidik jari,” imbuhnya seraya menambahkan, salah satu syarat pembuatan SIM, harus berusia minimal 16 tahun untuk SIM C dan minimal berusia 17 tahun untuk SIM A.

Sementara Syamsudin, salah satu warga Tebing Tinggi menyatakan, cukup senang dengan dibukanya pelayanan pembuatan SIM di Mapolres Empat Lawang. “Sangat bersyukur bisa buat SIM di Tebing Tinggi, bisa hemat ongkos,” tukasnya.

TEKS :SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster