Kata Dinkes, di Empat Lawang Hanya ada 5 Pasien DBD

 301 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KSOL — Warga yang menderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) belum terlalu tinggi. Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang mencatat ada lima orang yang terindikasi DBD sejak awal Januari hingga Februari ini.

“Di Kecamatan Muara Pinang dua orang, Kecamatan Lintang Kanan dua orang dan di Kecamatan Paiker (Pasemah Air Keruh) satu orang,” ujar Kepala Dinkes Empat Lawang, M Taufik didampingi Kabid Pengendalian Masyarakat Kesehatan, Junaidi.

Untuk di Kecamatan Lintang Kanan, dua pasien tersebut terindikasi DBD bukan di wilayah Kabupaten Empat Lawang melainkan di kabupaten lain, tempat mereka sekolah. “Terindikasinya bukan di Empat Lawang,” katanya.

Untuk di tujuh kecamatan lainnya, dikatakan Junaidi belum ada laporan. Memang di tiga kecamatan itu daerah endemis DBD dan pihaknya rutin melakukan fogging dan pembagian bubuk abate. “Sebelumnya kami telah melakukan fogging, terutama di Kecamatan Muara Pinang, sudah 2 kali. Selain itu belum lama ini kami serentak melakukan pembagian bubuk abate,” jelasnya.

Bubuk abate tersebut untuk membunuh jentik-jentik nyamuk yang ada di tempat penampungan air seperti bak-bak mandi dan lainnya. “Sebenarnya lebih efektif pakai bubuk abate dibandingkan fogging, kalau fogging itu untuk membunuh nyamuk dewasa, bukan membasmi jentik-jentik nyamuk,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster