Ini dia Cara Tentara Mewujudkan Swasembada Pangan : Berburu Babi dan Tikus

 839 total views,  2 views today

MUARA ENIM, KSOL – Siapa bilang tentara hanya bertempur di lapangan tembak dan menghalau musuh bersenjata? Ternyata tidak hanya itu. Buktinya, Kodim 0404 Muara Enim memberdayakan kemampuan tempur tentaranya untuk ikutserta dalam mewujudkan swasembada pangan. Caranya, Letkol Inf DJamaludin, Komandan Kodim (Dandim) 0404 Muaraenim membuat program berburu babi dan tikus bersama warga dan kelompok tani. Hasil dari perburuan  itu, diperoleh 86 ekor babi dan 120 tikus. Total berat yang didapat lebih dari 4 ton.

“Babi dan tikus ini sudah meresahkan para petani. Oleh sebab itu program ini laksanakan untuk mewujudkan swasembada pangan nasional. Kegiatan ini hendaknya terus dilakukan oleh kelompok tani dan warga untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. Dan pada tahun 2016 ini Kodim 0404 mempunyai tugas untuk memperluas lahan sawah di Kabupaten PALI sekitar 2.200 hektar,” ujar Djamaludin, dalam rangkaian perburuan hama babi dan tikus serentak se-Kabupaten Muara Enim, Kabupaten PALI dan Kota Prabumulih, Kamis (18/2/2016).

Sementara itu, Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar juga mengapresiasi jajaran Kodim 0404 Muara Enim yang telah membantu Pemkab Muara Enim dalam rangka mewujudkan swasembada pangan dengan menggelar lomba berburu babi dan tikus. “Kegiatan seperti ini akan kita lanjutkan terus dalam rangka membantu petani dalam membasmi hama babi dan tikus,” jelas Muzakir.

Tampak Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Djamaludin Didampingi Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar Bersama Panitia dan Pemenang Lomba Berburu

Tampak Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Djamaludin Didampingi Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar Bersama Panitia dan Pemenang Lomba Berburu

Bupati Muara Enim juga menjanjikan, lomba berburu babi dan tikus ini akan digelar kembali dalam rangka HUT Pemkab Muara Enim tahun 2016. Diharapkan kegiatan ini bisa berlanjut dan lebih semarak. “Pada HUT Pemkab nanti akan kita semarakkan lagi. Nanti bisa dilombakan per koramil, nanti hadiahnya motor,” kata Muzakir.

Di akhir acara, panitia kemudian membagikan hadiah kepada para pemenang di halaman Markas Kodim 0404 Muara Enim.

Danramil 404-05 Tanjung Enim Kapten Inf R Sitohang Memberikan Hadiah Kepada Pemenang Lomba Berburu

Danramil 404-05 Tanjung Enim Kapten Inf R Sitohang Memberikan Hadiah Kepada Pemenang Lomba Berburu

Para pemenang lomba diantaranya, juara 1 diraih Koramil 0404-05 Tanjung Enim, dari kelompok gabungan tani (Gapoktan) Genting Kecamatan Tanjung Agung (9 ekor berat 519 kg). Kelompok ini juga meraih juara pertama babi terberat yang mencapai 90 kg. Juara 2 diraih Koramil 0404-01 Gelumbang, dari Kelompok Harapan Jaya desa Bunut Kecamatan Belido Darat (9 ekor, berat 349 kg). Juara 3 diraih Koramil 0404-08 Lubay, dari Kelompok Rambang, (8 ekor, berat 520 kg). Juara harapan 1 Koramil 0404-01 Gelumbang, Kelompok Usaha Tani Kecamatan Sungai Rotan (8 ekor dengan berat 408 kg).

Sementara pemenang berburu tikus, juara 1 Koramil 0404-05 dari Kelompok Genting Tanjung Agung (59 ekor). Juara 2 Koramil 0404-05, M Ristan dari Desa Tanjung Bulan Kecamatan Tanjung Agung (27 ekor). Juara 3 dari Koramil 0404-03 PALI Kelompok Talang Ubi (17 tikus), dan juara harapan 1 dari Koramil 0404-07 Muara Enim kelompok Jamban Panjang Desa Muara Lawai dengan memperoleh (13 ekor).

Petani Mengeluhkan Hama

Seperti yang telah di beritakan sebelumnya, guna mensukseskan program pemerintah dalam rangka swasembada pangan nasional, Kodim 0404/Muara Enim bersama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan,red) dan masyarakat secara serentak melakukan perburuan hama babi dan tikus serentak se-Kabupaten Muara Enim, Kabupaten PALI dan Kota Prabumulih, Kamis (18/2/2016).

Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Djamaludin, melalui Danramil 404-05 Tanjung Enim-Tanjung Agung Kapten Inf R Sitohang kepada Reporter RGBA FM di jumpai di sela kegiatan mengatakan, kegiatan gerakan perburuan hama babi dan tikus kali ini dipusatkan di Desa Tanjung Bulan, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, untuk membantu para petani dalam membasmi hama tanaman yang mewabah.

“Ya Ini kita lakukan serentak di wilayah Kodim 0404/ Muara Enim,yang di buka langsung oleh Kasdim Mayor Inf Nurwaliyanto,” ujar Sitohang di dampingi Pelda Irwansyah.

‎Lebih lanjut kata Sitohang, gerakan bersama perburuan hama babi dan tikus ini dilakukan secara serentak se-Kabupaten Muara Enim, Kabupaten PALI dan Kota Prabumulih yang merupakan wilayah tanggung jawab Kodim 0404/Muara Enim, yakni Koramil Gelumbang, Prabumulih, PALI, Gunung Megang, Tanjung Enim, Semendo, Muara Enim dan Rambang Lubai.

Menurut Sitohang, tujuan kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah meningkatkan swasembada pangan nasional. Sebab dengan semakin sedikitnya hama yang merusak tanaman petani, diharapkan produksi pertanian akan meningkat yang akhirnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi gagal panen akibat hama babi dan tikus yang sering menyerang tanaman petani.

Ditambahkan Sitohang, kegiatan perburuan di Tanjung Agung ini, diikuti 21 tim terdiri dari 20 yang berasal dari Gapoktan dan satu tim dari Babinsa. Kegiatan berlangsung selama tiga hari yang dibuka pada Kamis (18/2/16) dan ditutup Sabtu (20/2/16) di Makodim 0404/Muara Enim.

Sementara itu, Maman Suherman, Kepala Balai Penyuluhan, Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Tanjung Agung mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dengan gerakan perburuan hama babi dan tikus ini. “Akhir-akhir ini memang banyak petani mengeluh dengan mewabahnya hama babi dan tikus yang telah merusak tanaman terutama padi yang mengakibatkan tanaman padi rusak bahkan gagal panen. Perburuan ini sekalligus untuk menekan populasi kedua hewan di wilayah Kabupaten Muara Enim, Prabumulih dan PALI,” tambahnya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster