Waspada, Banyak Makmin Kadaluarsa Beredar!

 213 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KSOL — Konsumen produk makanan dan minuman (Makmin) kemasan ataupun jenis cepat saji harus waspada. Pasalnya, disinyalir saat ini banyak beredar di pasar tradisional ataupun ritel modern, produk hampir melampaui batas waktu konsumi atau kadaluarsa (expired).

Seperti disampaikan RT (28) warga Tebing Tinggi, ia mengaku, belum lama ini menemukan beberapa produk hampir mendekati kadaluarsa. Barang itu, ia peroleh dari berbelanja di salah satu warung ritel di sekitaran Tebing Tinggi. “Dari sekian barang yang saya beli, ada sejumlah barang hampir kadarluarsa, untung saya jeli,” akunya baru baru ini.

Dirinya berharap, kepada pemerintah atau pun pihak terkait, untuk segera menyidak seluruh tempat belanja yang ada di Tebing Tinggi. “Semestinya harus disidak, karena ini menyangkut apa yang dikonsumsi warga. Tidak menutup kemungkinan bisa jadi, ada tempat belanja yang hanya menganti label kemasan, padahal barangnya sudah Expired,” tandasnya

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Empat Lawang, Suriady Husein ketika dikonfirmasi tak menampik, sudah mendapat laporan adanya prodak yang sudah Expired beredar. Karenaya, dalam wakut dekat, pihaknya akan segera melakukan sidak. “InsyaAllah dalam waktu dekat ini kita akan melakukan sidak bersama dinas terkait,” kata Suryadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang, M Taufik menyebut, produk yang sudah Expired tidak layak untuk dikonsumsi. “Tentu produk baik makanan dan minuman yang  masanya sudah habis, jelas tidak layak lagi dikonsumsi. Karena bisa menggangu kesehatan, misalnya sakit perut atau bisa jadi mengakibatkan keracunan,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster