PTBA Segera Selesaikan Pembangunan Fasum. Pemuda Tanjung Enim Siap Jaga Aset

 724 total views,  2 views today

TANJUNG ENIM, KSOL – Tak lama lagi masyarakat Tanjung Enim dan sekitarnya akan dapat merasakan fasilitas umum (Fasum) yang dibangun PT Bukit Asam (persero) Tbk (PTBA). Nurhasan (37), salah satu pekerja kontrak asal Tasik Malaya Jawa Barat yang bekerja untuk merenovasi atap eks gedung suling sentral lama mengatakan, bersama rekan-rekannya sudah hampir dua bulan merenovasi atap gedung tersebut.

“Alhamdulillah pengerjaan tinggal 10 persen lagi. Selama ini tak ada kendala dalam membongkar  dan memasang atap, talang dan lespang. Kendalanya paling cuma kalau cuaca hujan saja, takutnya kesetrum. Pekerjanya cuma dua orang untuk tenaga skill serta ditambah kenek ada 3 orang,” ujarnya ketika di bincangi di sela aktivitasnya.

Tokoh Pemuda Dusun Tanjung Enim, Kadut bersama Siswandi di Bincangi di Pos Securty di Areal Proyek Fasilitas Sosial di Lap. Eks Sentral Lama PTBA Tanjung Enim.(Foto. Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Tokoh Pemuda Dusun Tanjung Enim, Kadut bersama Siswandi di Bincangi di Pos Securty di Areal Proyek Fasilitas Sosial di Lap. Eks Sentral Lama PTBA Tanjung Enim.(Foto. Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Dari pantauan di lapangan, fasilitas publik yang dibangun, saat ini masih dalam tahap penyelesaian di beberapa item. Sejumlah warga berharap, fasilitas yang di bangun paling tidak akan mempercantik wajah Kota Tanjung Enim. Berubahnya lapangan eks Sentral Lama PTBA dari tempat kumuh menjadi taman rekreasi, telah menjadi ruang publik bagi masyarakat Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

BACO JUGO BERITA SEBELUMNYO: Meski Agak Lambat Pembangunan Fasilitas Sosial Di Lapangan Exs Sentral Lama PTBA Mulai Tampak‎

Kadut, salah satu tokoh pemuda Dusun Tanjung Enim, menyambut baik adanya pembangunan fasum di lapangan Eks Sentral Lama PTBA. Menurutnya sebagai masyarakat asli Dusun Tanjung Enim, dirinya sangat berterima kasih kepada pihak management PTBA yang sudah mau peduli membangun fasum ini.

“Iya, juur saja, sejak lima tahun terakhir ini, kita tidak pernah melihat pembangunan yang mencolok di Tanjung Enim. Terakhir yang kita lihat kawasan Simpang Muhammadiyah itulah,” ujar Kadut ketika di jumpai Reporter RGBA FM, Selasa (16/2/16) di sela tugasnya di pos Securty Proyek dengan bahasa Tanjung Enim yang kental.

Gedung Eks Suling Sentral Lama Tampak Dari Luar Setelah di Renovasi. .(Foto. Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Gedung Eks Suling Sentral Lama Tampak Dari Luar Setelah di Renovasi. .(Foto. Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Sejak awal, Kadut, bersama pemuda Dusun Tanjung lainnya, diantaranya Nain, Siswandi, Elman dan Irawan sejak awal proses pembangunan sangat mendukung dan mengamankan demi lancarnya proyek pembangunan. Terbukti, sejak saat ini para pekerja dalam mengerjakan proyek pembangunan berjalan lancar tanpa gangguan atau pun barang material yang hilang.

“Kami berharap, ke depan setelah tahap proses pembangunan selesai dan dapat difungsikan, kiranya dapat melibatkan kami masyarakat dusun Tanjung di sekitar Eks Lapangan Sentral Lama PTBA ini,” ujarnya berharap.

Senada dengan Kadut, Siswandi rekan dari Kadut yang sehari-hari menjadi Satpam di area proyek fasum mengatakan, sejak awal pembangunan, situasi tetap kondusif aman dan terkendali tanpa gangguan kantibmas dari pihak manapun. Pengamanan ini dilakukan secara bergantian.

“Dalam 24 jam bertugas, kami bagi dua shif. Shif pagi dari jam tujuh pagi sampai jam pukul 7 malam. Terus baru ganti lagi longshif dari jam tujuh malam sampai jam tujuh,” jelas Siswandi yang mengaku sudah puluhan tahun menjaga di area sentral ini.

Tugas pokok yang dilakukan menurut Siswandi mengamankan area fasum seperti aset-set gedung PTBA, baik tanah dan material pembangunan milik PT Hutama Karya (PTHK), kontraktor yang mengerjakan proyek. “Kami juga mengawasi keluar masuknya barang ataupun tamu yang datang,” tambahnya.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster