Siapkan Silase Pakan Sapi Saat Kemarau. Teguh : Rencanakan Buat Kolam Ikan

 1,596 total views,  4 views today

MUARA ENIM, KSOL – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Muara Enim terus berupaya mengembangkan pengembangan sapi di kawasan terpadu milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim di Desa Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang.

“Di kawasan pengembangan sapi terpadu di Gunung Megang ini terdapat puluhan ekor sapi indukan dan anaknya. Kita targetkan minimal tiga tahun kedepan penataan kawasan pengembangan sapi di Penanggiran ini semakin bagus,” ujar Ir H Teguh Sumitro SE, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Muara Enim, belum lama ini, (12/2/2016).

Menurutnya, untuk pakan sapi, pihaknya tidak khawatir di lahan seluas 60 hektar. Sebab hingga saat ini sudah tersedia berbagai macam rumput-rumput segar untuk pengembalaan sapi.  “Setiap hari, puluhan sapi kita lepas dengan tetap dilakukan penjagaan. Sapi–sapi tersebut dibebaskan untuk memakan rumput, baik rumput gajah atau rumput terbaik lainnya,” tutur Teguh Sumitro.

Tampak peternakan pengembangan sapi, yang berada di kawasan terpadu milik Pemkab Muara Enim di Desa Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang,kabupaten Muara Enim

Tampak peternakan pengembangan sapi, yang berada di kawasan terpadu milik Pemkab Muara Enim di Desa Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang,kabupaten Muara Enim (Foto. Dok/KS)

Selain itu, untuk pakan, Teguh mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pakan alternatif saat musim kemarau mendatang. Sesuai arahan Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar, bahwa SKPD, termasuk dinasnya untuk mencari solusi bagaimana menghadapi musim kemarau dan musim penghujan.

“Kalau musim penghujan kita sangat bersyukur, sebab semua jenis rumput yang ada di kawasan peternakan terpadu penanggiran ini tumbuh subur. Untuk musim kemarau kita sudah menyiapkan pakan silase yang dibuat,” jelas dia.

Silase kata Teguh Sumitro menjelaskan, merupakan pakan hasil permentasi dari batang sawit, batang jagung dan rumputan.  “Pakan silase ini tak kalah baiknya dari rumput, dengan kadar gizi yang tinggi. Pakan silase ini kita siapkan untuk sapi saat musim kemarau nanti,” ucap Teguh Sumitro.

Teguh berharap, ke depan kawasan peternakan terpadu Penanggiran ini, semakin bagus. Pihaknya akan melakukan penataan secara bertahap, seperti menambah pagar, memperbaiki kandang dan lain sebagainya. Saat ini area kandang sudah dipagar, nantinya akan dibuat pagar yang lain di luar kandang. Agar sapi-sapi yang ada bisa nyaman saat digembalakan dan tentunya aman dari pencurian.

Pihaknya menargetkan setidaknya setiap indukan sapi, bisa melahirkan satu anak sapi setiap tahunnya. Sehingga populasi sapi yang ada di kawasan peternakan sapi terpadu Penanggiran ini semakin bertambah. Selain itu,  pihaknya juga memberikan bantuan anak sapi untuk sejumlah koptan, agar sapi-sapi yang ada bisa berkembang.  “Kita berharap melalui pengembangan sapi di Penanggiran ini, MuaraEnim bisa swamsembada daging di masa mendatang,” urai

Lebih lanjut Teguh mengatakan, untuk penataan kawasan terpadu pengembangan sapi di Penggiran ini, pihaknya akan membuat kolam-kolam ikan di aliran sungai di dalam lahan peternakan sapi.

“Sungainya sudah ada, tinggal kita keruk dan ditata. Sehingga nantinya, kawasan peternakan ini bisa dijadikan kawasan wisata. Kita juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pak bupati Ir H Muzakir Sai Sohar dan pak wabup  H Nurul Aman SH untuk memajukan kawasan peternakan sapi Penanggiran ini. Bahkan, pak bupati sering mampir untuk melihat peternaka sapi yang ada,” pungkas Teguh.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster