Hujan 20 Menit, Rumah Kami Sudah Digenangi Air

 237 total views,  4 views today

EMPAT LAWANG, KSOL  – Belasan kepala keluarga (KK) di RT 1 RW 1, Kelurahan Jayaloka Kecamatan Tebing Tinggi, mengeluhkan seringnya terjadi banjir. Bahkan, hujan sekitar 20 menit saja, kawasan tersebut sudah dipastikan banjir dan menggenangi beberapa rumah warga.

Selain itu, sampah pun menumpuk setelah airnya sudah surut kembali.
“Siang tadi (kemarin, red) hujannya tidak terlalu deras dan sebentar, rumah kami sudah kebanjiran. Apalagi jika hujan deras dan lama, makin parah banjir di lokasi ini,” ungkap Salim, salah satu warga sekitar kepada wartawan koran ini, kemarin.(16/2/2016).

Salim dan warga lainnya berharap, pemerintah bisa segera mengatasi keluhan warga. Sebab, genangan air yang terlalu lama dan tumpukan sampah yang banyak, bisa saja menimbulkan penyakit bagi warga sekitar. “Terkadang kami gotong royong membersihkan sampah pasca banjir ini, karena instansi terkait tidak ada yang peduli dengan sampah yang kian banyak ini,” imbuhnya.

Warga sudah pernah menyampaikan masalah ini ke Lurah Jayaloka hingga pihak Kecamatan Tebing Tinggi. Namun hingga saat ini, belum ada tindakan apapun. “Katanya akan dicarikan solusi, tapi entah kapan solusi itu akan datang,” kata Salim mengaku, pada saat malam hari dan hujan turun, mereka tidak bisa tidur, karena sibuk memindahkan barang-barang rumah tangga mereka ke lokasi yang lebih tinggi.

Sementara itu, Camat Tebing Tinggi, Syafei Marzuki, melalui Sekcam Umar Hasan menyatakan, setidaknua ada Empat titik di wilayah Tebing Tinggi yang rawan banjir. Salah satunya, di Kelurahan Jayaloka. “Laporannya sudah masuk, segera kita tindaklanjuti. Untuk jangka pendek, akan mengajak warga bergotong royong membersihkan gorong-gorong yang ada,” ujar Umar Hasan saat dihubungi via ponselnya.

Ia menjelaskan, wilayah RT 1 RW 1 Kelurahan Jayaloka, awalnya memiliki dua unit gorong-gorong sebagai saluran pembuangan air. Namun saat ini hanya tinggal satu dan diduga sudah menyempit karena tersumbat sampah.

“Sudah diagendakan pada 26 Februari nanti gotong royong bersama warga Jayaloka. Sebab, Jumat nanti sudah ada agenda di Desa Lampar. Selain itu, saat Musrenbang tingkat kecamatan nanti, akan disampaikan semua keluhan warga tersebut ke anggota DPRD Empat Lawang Dapil Satu,”tukasnya.

TEKS / FOTO : SAUKANI 
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster