Kalau Mereka Tahu Sanksinya, Mampu Timbulkan Rasa Takut

 239 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS

Kejaksaan Negeri (Kajari) Tebing Tinggi, Empat Lawang saat ini gencar melaksanakan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Program JMS, menindaklanjuti surat perintah Kejaksaan Agung (kejagung) no Kep-184/a/ja/11/2015 pada 18 November 2015 lalu, Tentang pembentukan tim JMS secara nasional.

Kepala Kejari Tebing Tinggi, Azwad Z Hakim melalui Kasi Intel, M Arifin mengatakan, pihaknya telah melaksanakan program JMS itu sejak surat perintah Kejagung turun pada 18 November 2015 lalu. “Sudah kami laksanakan, tim sudah ada termasuk saya sendiri selaku ketua tim JMS itu,” ujar Arifin.

Menurutnya, JMS merupakan program positif dalam dunia pendidikan. Dimana program JMS menyentuh Siswa-siswi SD, SMP dan SMA, guru-guru dan komite sekolah untuk diberikan penerangan hukum. Dan dalam sosialisasi pihak Kejari juga bakal berkoordinasi dengan instansi terkait untuk materi pencegahan.

“Misal sosialisasi narkoba kepada siswa, kita ajak BNN supaya dapat menjelaskan materi pencegahannya. Nah kita dari penegakan hukumnya,” kata dia.

Apabila sudah dijelaskan seperti demikian, maka siswa mengerti secara materinya. Dan juga paham bahwa ada hukum atau sanksi yang mereka terima apabila mereka terlibat dalam aktivitas penyalahgunaan narkoba.

“Kalau mereka tahu sanksinya, mampu menimbulkan rasa takut bagi mereka untuk melakukan. Intinya mereka mikirlah akan sanksi yang diterimanya nanti kalau berani coba-coba,” tuturnya.

Sejauh ini, sejak diberlakukan di Empat Lawang, sudah dua sekolah yang sudah diterapkan program JMS. Diantaranya SMP Negeri 5 Tebing Tinggi dan SMA 3 Tebing tinggi. “Antusias siswa dan pihak sekolah cukup baik untuk program JMS ini,” paparnya.

Kini, Arifin mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan pemberlakukan JMS di SMP Negeri I Talang Padang pada Selasa (16/2) mendatang. Materi yang diterapkan kearah perlindungan anak. “Supaya anak tahu mengenai hak dan kewajiban mereka selaku anak dan siswa. Hak dan kewajiban ini harus balance mereka lakukan,”tukasnya.

TEKS / FOTO : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster