Musim Penghujan, Empat Lawang Waspada Tipes

 355 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS

Musim penghujan seperti sekarang ini rentan sekali dengan berbagai penyakit. Selain penyakit demam berdarah, penyakit tipes juga harus diwaspadai. Sepanjang Januari 2016 ini, sedikitnya ada sekitar 20 orang yang menderita penyakit tipes.

“13 orang rawat jalan dan 7 orang sempat dirawat inap,” ujar Plt Direktur RSUD Tebing Tinggi, dr Mardiana Sudeby melalui Kabid Rekam Medik, Joko Prayitno, kemarin.

Dijelaskannya hampir seluruh wilayah Kabupaten Empat Lawang rawan dengan penyakit tipes. Sakit tipes ini disebabkan oleh bakteri dan cuaca yang tak tentu, terkadang hujan lebat lalu berubah panas terik. Selain itu tipes merupakan penyakit menular sama seperti demam berdarah, namun tifes media penularannya melalui makanan yang tidak sehat dan tidak bersih.

BACO JUGO : Waspada, Penderita Tipes Juga Bisa Kena Hepatitis

“Ciri-ciri mulai terserang tipes demam tinggi selama tiga hari, kalau diberi obat penurun panas, panas turun sebentar tapi nanti panas lagi,” jelasnya.

Musim hujan sangat rentan dengan penyakit tipes, sebab lingkungan mudah sekali kotor. Contohnya saja di pasar tradisional, sering sekali becek kalau musim hujan, kadang-kadang jualan yang dijual pedagang juga ikut kotor karena di sekitar lapaknya kotor.

BERITA LAINNYO : Ciri-Ciri Sakit Tipes yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai

“Semestinya belanjaan yang baru kita beli seperti sayuran, itu harus dicuci dulu dengan air bersih lalu dimasak. Kalau telur ayam, juga harus dicuci dulu baru dimasukkan atau disimpan di kulkas, sehingga bakterinya tidak bersarang di telur tersebut,” katanya.

Sementara untuk proses penyembuhan penyakit tipes ini, tidak tentu tergantung kekebalan tubuh masing-masing penderitannya. Terkadang ada yang tiga hari sudah sembuh atau ada yang sembuh seminggu dan lain sebagainnya.

“Tergantung kekebalan tubuh masing-masing dan lingkungan sekitar, jika lingkungannya sudah mulai bersih dari sebalumnya kemungkinan penyakit tipes tidak akan terulang,”tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster