Waspada Banjir, Februari Curah Hujan Diprediksi Meningkat

 310 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS

Wilayah Kabupaten Empat Lawang masuk dalam kategori rawan banjir. Namun, masih dalam skala normal karena terjadi musiman dan bukan jenis bandang.

“Empat Lawang kategori normal, yang bahaya itu banjir bandang,” jelas Inarwan, Kasi Operasi SAR Palembang, saat meninjau kondisi banjir di Empat Lawang, kemarin.

Informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), kata Inarwan, memasuki Februari 2016 ini diprediksi intensitas curah hujan akan meningkat. Oleh sebab itu, harus ada kewaspadaan ekstra masyarakat, terutama tim Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang.

Apalagi, geografis Empat Lawang berada di tepian sungai musi dan sungai kecil, juga perbukitan. Rentan sekali terjadi luapan sungai jika intensitas curah hujan tinggi.

“Informasi yang kami peroleh untuk Kabupaten Empat Lawang termasuk juga Kabupaten Lahat, banjir disebabkan meluapnya air Sungai Musi. Jadi pada bulan Februari nanti masyarakat harus lebih waspada karena intensitas curah hujan akan meningkat secara otomatis debit sungai Musi semakin naik,”bebernya.

Saat ini,  pihaknya akan meminta bantuan BPBD Kabupaten Empat Lawang, untuk memberikan informasi seberapa banyak titik rawan banjir di Empat Lawang.

“Sekarang kita akan melihat secara langsung banjir di Empat Lawang, yang kita minta masyarakat tidak terlalu cemas dengan bencana banjir,” katanya.

Untuk korban banjir, dijelaskan Inarwan, menurut data dan informasi belum ada korban jiwa dari bencana banjir. “Seluruh Kabupaten di Sumatera Selatan sampai ini belum ada korban jiwa, termasuk Empat Lawang. Sebab itu kita berkoordinasi dengan pihak BPBD  jika ada bencana alam agar memberikan informasinya dengan kita, agar tim bisa segera turun ke lokasi,”tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster