Tanamkan Cinta Tanah Air Sejak Usia Dini, Paud Antrasita Ke Rindam II Sriwijaya

 1,146 total views,  2 views today

MUARA ENIM, KS

Dalam rangka tutup tema Profesi, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Antrasita sudah melakukan berbagai kunjungan ke berbagai tempat, salah satunya ke Markas Komando (Mako) Rindam II Sriwijaya di desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim. Rombongan diterima Danrindam II Sriwijaya, Kolonel Ifantri Agung Pambudi melalui Guru Militer (Gumil) Kapten Ifantri Mustofa dan jajarannya.

Mako Rindam II Sriwijaya merupakan Pusat Pendidikan (Pusdik) prajurit TNI Secaba dan Tamtama. Membawahi 5 Satuan Pendidikan (Sadik), diantaranya di Kabupaten Lahat dan Baturaja Kabupaten OKU.

Kunjungan murid PAUD kali itu merupakan salah satu program yang diadakan PAUD Antrasita untuk pengenalan anak-anak muridnya tentang Tentara Nasional Indonesi (TNI) Angkatan Darat (AD). Tujuannya menanamkan jiwa semangat cinta tanah air sejak usia dini kepada anak-anak murid.

Pada kunjungan ada 80 murid PAUD Antrasita didampingi Kepala PAUD Antrasita Kanun S.Pd Aud beserta 10 guru pendamping, dan sejumlah orang tua siswa dengan menggunakan dua buah angkutan bus bantuan dari PT Bukit Asam (Persero) Tbk.

Rombongan kemudian diajak keliling di Mako Rindam Sriwijaya II Karang Raja dan diberikan pengetahuan tentang profesi prajurit TNI AD serta kegiatan keseharian yang dilakukan para prajurit TNI di Mako Rindam II Sriwijaya.

“Disini dipimpin oleh Komandan. Ada yang tahu Komandan itu apa? Komandan adalah pimpinan. Seperti kita kalau di rumah, komandannya adalah bapak dan wakilnya adalah ibu. Sebelum bertugas atau bekerja, prajurit TNI harus melakukan apel. Seperti yang adik-adik lihat itu,” terang Kapten Infantri Mustofa saat bertemu murid PAUD Antrasita Tanjung Enim.

Selama berada di Mako Rindam II Sriwijaya itu, murid PAUD  Antrasita melihat beberapa kegiatan di Mako Rindam Sriwijaya. Diantaranya apel pagi prajurit TNI dan pegawai. Bahkan mereka juga melihat prajurit TNI-AD latihan menembak, melihat peralatan senjata yang dipakai prajurit TNI, melihat keseharian di kantor pegawai Mako Rindam II, melihat kandang ular sanca terbesar di Kabupaten Muara Enim, melihat perkebunan buah naga dan kolam ikan yang dikelola Mako Rindam II Sriwijaya Karang Raja.

Dinda (5), salah satu siswa PAUD Antrasita merasa senang dapat melihat Markas TNI-AD di Karang Raja tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut baru pertama kali diikuti dan melihat suasana di dalam Markas TNI. Kata dia, yang sangat berkesan adalah pada saat berada di kandang ular, awalnya Dinda takut memegang ular namun akhirnya berani.

“Seneng sekali datang kesini. Tadi pas melihat ular aku takut. Katanya sudah jinak, dan aku berani memegang ular itu,” ungkap Dinda kepada Reporter RGBA FM.

Sementara itu, Kepala PAUD Antrasita, Kantun S.Pd AUd mengatakan, tujuan mengunjungi Markas Komando Rindam II Sriwijaya di Karang Raja Muara Enim ini untuk memberikan pendidikan, pengalaman, dan pengetahuan bagi murid. Selain itu, Paud Antrasita juga rutin mengunjungi berbagai tempat di Kabupaten Muara Enim, diantaranya PTBA, Mapolres, PT Telkom, kantor Bank dan tempat lainnya.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI‎





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster