Ambulan Plus 100 Persen Gratis, Pihak RSUD: Tak Perlu Administrasi

 524 total views,  2 views today

‪EMPAT LAWANG, KS

Program terbaru rumah sakit umum daerah (RSUD) Tebing Tinggi, Empat Lawang 2016, yaitu menyiapkan ambulan plus guna memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat.

Apa itu ambulan plus?, sebenarnya pelayanan mobil ambulan biasa, hanya saja pihak RSUD menjamin tidak ada pungutan biaya apapun alias 100 persen gratis. Selain itu, saat merujuk pasien ataupun mengantar jenazah, tidak perlu menyiapkan administrasi apapun, cukup diketahui sebagai warga Empat Lawang saja.

“Ambulan kita stand by, saat dibutuhkan langsung antar gratis. Tak perlu sibuk urus administrasi lagi,” ungkap Direktur RSUD Tebing Tinggi, dr Mardiana Sudebby melalui Kabid Rekam Medik dan Perencanaan, Joko Prayitno, baru-baru ini.

Kenapa ada program ambulan plus? kata Joko, selama ini banyak sekali keluhan dari keluarga pasien, sebab ada aturan jaminan dan pembiayaan saat membutuhkan ambulan ataupun kendaraan jenazah. Nah, semua itu kita serap dan mulai 2016 ini program ambulan plus menjawab semuanya.

Contoh, jika ada pasien mau dirujuk ke RSUD luar daerah, asalkan kondisi pasien siap ambulan jalan. Tak perlu lagi ada jaminan KTP atau biaya transportasi. Begitu juga saat mengantar jenazah, cukup ada warga mengakui korban warga Empat Lawang saja kita berangkatkan. Asalkan tau tujuannya. “Yang jelas, tau dulu tujuan kemana mau diantarkan, kalau belum ada tujuan ya mau gimana dong,” imbuh Joko.

Program ini, jelasnya, disiapkan satu unit ambulan dengan persiapan cukup matang. Baik sopir maupun segala keperluan lainnya dalam ambulan plus sudah disediakan. Mengenai pendanaan program ambulan plus, sudah dimasukkan dalam anggaran RSUD Tebing Tinggi 2016 dan sudah disetujui DPRD.

Sementara itu, ‪Tina (30) warga Tebing Tinggi menyambut baik program ambulan plus. Ibu rumah tangga ini mengulas, selama ini prosedur dan administrasi saat membutuhkan ambulan cukup lamban dan terkesan bertele-tele. Semoga saja, dengan ambulan plus bisa terjawab keluhan masyarakat. “Kalau bisa mobil ambulan plus jangan cuma satu, agar pelayanan lebih maksimal,” kata Tina menambahkan, agar program ambulan plus RSUD benar-benar diawasi. “Jangan cuma janji manis ya,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster