Harga Batubara Turun, PTBA Harus Melakukan Inovasi, Mila : BAIA sebagai Inovasi

 659 total views,  2 views today

TANJUNG ENIM, KS

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Tanjung Enim, Milawarman mengatakan, harga batubara dunia mulai menurun sejak 2014. Bahkan  di pertengahan tahun semakin menurun hingga mendekati harga hampir 85 dolar. Padahal menurut Mila, pada 2011 harga batubara dunia mencapai harga tertinggi 140 dolar. Kemudian era tahun 2013. Namun sejak tahun 2014 mulia menurun. “Sehingga pada kondisi seperti itu, mau tidak mau agar PTBA tetap eksis, harus melakukan terobosan dan inovasi,” ujar Mila pada acara Bukit Asam Innovation Award (BAIA) 2016 saat memberikan sambutan pada Malam Bukit Asam Innovation Award (BAIA) 2016 di GOR Bukit Asam, Rabu (20/1/16) malam.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Pendapatan perusahaan-perusahaan pertambangan batubara, terutama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara umum menurun pada 2014. Ini menjadi bukti bahwa industri batubara, yang merupakan bisnis yang menguntungkan pada tahun 2000-an (hingga 2011), masih mengalami perlambatan. Jal ini disebabkan masalah-masalah ekonomi global. Menurut beberapa sumber, ekonomi global yang bergerak lambat menyebabkan permintaan rendah bagi komoditi-komoditi, seperti batubara dan minyak sawit mentah (dua penghasil devisa penting di Indonesia).

Sebelumnya, sepeti dilansir CNN Indonesia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melansir Harga Batubara Acuan (HBA) Indonesia untuk penjualan langsung diatas kapal atau free on board (FOB) Januari 2015 turun 1,25 persen ke US$ 63,84 per ton dibandingkan HBA Desember 2014 US$ 64,65 per ton.

Jika dibandingkan secara tahunan dengan HBA bulan yang sama pada 2014 sebesar USD 81,90 per ton, maka HBA Januari 2015 anjlok sekitar 22 persen atau sekitar US$ 18,06 per ton.

Ketua Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Bob Kamandanu mengaku sudah menduga pelemahan harga seperti ini akan terjadi. “Apalagi ketika pemerintah tetap berencana meningkatkan volume produksi batubara nasional tahun ini untuk menggenjot Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” ujar Bob di Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Oleh sebab itu, dikatakan Milawarma, pelaksanaa kegiatan BAIA 2016 ini sesuai dengan visi dan misi perusahaan yang salah satunya adalah innovativ. Maka dari itu, ia berharap ajang BAIA ini dapat rutin diselenggarakan di masa-masa mendatang. Tujuannya adalah, agar PTBA, Stakeholder, dan para pelajar di Kabupaten Muara Enim dan Lahat tidak berhenti untuk selalu berinovasi.

“Dengan BAIA 2016, PTBA bisa melakukan efisiensi penghematan sebesar 320 Miliar. Hal ini berdasarkan dari hasil audit internal, saving PTBA selama 2015 sebanyak 734 Miliar,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia BAIA 2016, Julismi menjelaskan tujuan diselenggarakannya Bukit Asam BAI A 2016 untuk mendorong dan memberikan motivasi, serta membudayakan pegawai PTBA, stekholder, pelajar dan masyarakat untuk senantiasa meningkatkan daya saing menuju persaingan global melalui kreativitas dan inovasi serta improvmen.

“Event ini dapat dijadikan saling tukar informasi dan pengalaman. Memunculkan inovasi yang dapat bersaing di tingkat regional, nasional, dan internasional,”kata Julismi.

Dijelaskannya, rangkaian BAIA tahun 2016 ini mulai dilaksanakan sejak 17 Agustus 2015 hingga sekarang. Dengan tahapan-tahapan mulai dari sosialisasi, pendaftaran, administrasi, opening, presentasi, verivikasi lapangan, dan penilaian juri. Adapun jumlah peserta BAIA tahun 2016 ini mencapai 217 inovasi, yang terdiri internal 153 inovasi, dari eksternal 82 inovasi.

Malam Anugrah BAIA 2016 itu dihadiri jajaran Komisaris, Direksi, Muspida Kabupaten Muara Enim dan Lahat, Kepala sekolah, Guru, Juri serta peserta BAIA 2016. Masyarakat yang hadir juga dihibur dengan penampilan artis dari ibu kota seperti Stand Up Comedy Gilbas atau Gilang Baskara dan penyanyi solo jebolah Indonesia Idol Virzha.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster