20 Poktan di Empat Lawang Terima Bantuan Mesin Pompa Air

 566 total views,  2 views today

EMPÀT LAWANG, KS

Angin segar bagi para kelompok tani (Poktan) di Empat Lawang. Guna mengantisipasi musim kemarau mendatang, setidaknya 20 Poktan mendapatkan bantuan dari Kementrian Pertanian (Mentan) sebanyak 20 unit mesin pompa air.

Tujuan diserahkannya mesin pompa air kepada Poktan ini, mengatisipasi musim kemarau bahkan untuk meningkatkan produksi padi di tiap kecamatan.

penyerahan bantuan mesin pompa air kepada poktan.

Penyerahan bantuan mesin pompa air kepada Poktan (Foto.Dok.KS/Saukani)

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DP3) Empat Lawang Rudianto  mengatakan, untuk saat ini Kabupaten Empat Lawang mendapatkan sebanyak 20 unit mesin pompa dari Mentan.“20 mesin pompa air untuk 20 Poktan untuk mengantisipasi kekeringan lahan padi di musim kemarau,” ujar Rudi.

Bantuan ini, sambungnya difokuskan untuk program Upaya Khusus (Upsus) guna meningkatkan produksi padi di Kabupaten Empat Lawang. Menurutnya, Sebelumnya Empat Lawang termasuk terkena dampak El Nino namun hal tersebut tidak berpengaruh dengan produksi padi.

“Mesin pompa air untuk mengatisipasi musim kemarau panjang karena sebelumnya Empat Lawang termasuk daerah terkena dampak El Nino,” jelasnya.

Selama musim kemarau memang ada lahan areal persawahan mengalami kekeringan, dengan adanya bantuan mesin pompa diharapkan bisa dimanfaatkan dengan semaksimal oleh Poktan ditiap kecamatan, karena guna mesin pompa air bisa bukan hanya mengatisipasi kekeringan tapi bisa juga untuk menyemprot tanaman.

“Saya harap mesin pompa ini bisa dimanfaatkan oleh poktan karena mesin pompa air banyak gunanya bukan hanya mengatisipasi kekeringan saja melainkan untuk kegunaan lainnya,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster