Serikat Pegawai PT SBS Dikukuhkan, Arman Sarifan : Kita Siap Melindungi Hak dan Kepentingan Pekerja

 867 total views,  2 views today

TANJUNG ENIM, KS

Upaya menaikkan posisi tawar pekerja di perusahaan kembali digaungkan. Kali ini dilakukan oleh karyawan PT Satria Bahana Sarana (SBS) Tanjung Enim dengan membentuk dan Serikat Pegawai Satria Bahana Sarana (SP SBS). Setelah terbentuk, lembaga kemudian melakukan Pelantikan Kepengurusan untuk periode 2016-2018 di Gedung Kesenian (Kamar Bola) PTBA, Senin (18/1/16) pagi.

Arman Sarifan, ketua SP PT SBS terpilih mengatakan, jabatan ini adalah tugas dan tanggung jawab bersama, untuk bekerja sesuai dengan visi dan misi SP PT SBS. Salah satunya mendukung sepenuh hati untuk mewujudkan komitmen perusahaan menjadi perusahaan pertambangan yang unggul dan tangguh di dalam industri pertambangan.

Lebih lanjut Arman menjelaskan, dirinya akan bekerja semaksimal mungkin dan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Diantara tugas serikat adalah memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarga. Tentunya untuk menjalankan ini, diperlukan dukungan karyawan PT SBS. Arman berharap, lembaga ini diharap akan berguna dalam membawa aspirasi pegawai untuk disampaikan ke manajemen perusahaan.

Penyerahan Bendera Petaka Serikat Pegawai SBS dari Panitia Pemilihan ke Ketua Serikat Pegawai SBS Terpilih Arman Sarifan

Penyerahan Bendera Pataka Serikat Pegawai SBS dari Panitia Pemilihan ke Ketua Serikat Pegawai SBS Terpilih Arman Sarifan (Foto.Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Kepala Dinas Tenaga Kerja &  Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Muara Enim, Drs M Ali Rahcman menjelaskan, berdasarkan ketentuan umum pasal 1 Undang-undang Tenaga Kerja tahun 2003 Nomor 17, Serikat Pekerja atau Serikat Buruh merupakan organisasi yang dibentuk dari, oleh dan untuk pekerja, baik di perusahaan maupun di luar perusahaan. Sifat lembaga ini bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab. Tujuannya memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

“Serikat pekerja dengan manajemen untuk bisa saling bersinergi dalam hubungan industrial. Pekerja dengan manajemen harus bisa saling melengkapi dan saling membutuhkan serta tidak bisa dipisahkan,” ujar Ali Rahman.

Sementara itu, Direktur Utama PT Satria Bahana Sarana (PT SBS) Nardono dalam kesempatan itu mengatakan, dengan terbentuknya SP PT SBS diharapkan dapat memenuhi visi dan misi perusahaan dan pekerja, serta bisa menjadi wadah untuk mengakomodir aspirasi anggota kepada perusahaan.

Proses pembentukan itu, menurut ketua panitia pemilihan Sahrul Fajri, berawal dari pertemuan pada 26 Agustus 2015 bersama 25 orang. Dari pertemuan itu memutuskan pembentukan kepanitiaan pemilihan Ketua SP SBS. Dalam kesempatan itu, Sahrul juga mengucapkan terima kasihnya kepada management PT SBS yang telah memberikan suport dan dukungannya, sehingga panitia pemilihan SP PT SBS dapat terlaksana dengan baik.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Direktur Utama (Dirut) PT SBS Nardono, Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabupaten Muara Enim M Ali Racman, Perwakilan managemen PTBA dan pengurus SPBA pusat dan daerah, serta karyawan PT Satria Bahana Sarana (SBS).

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster