Pasca Bom Sarinah, Polisi Gelar Razia Pengguna Jalan, Kapolres : Muaraenim Siaga Satu

 376 total views,  2 views today

MUARA ENIM, KS

Sebagai upaya dalam mengantisipasi dan menjaga situasi aman di wilayah Kabupaten Muara Enim, terkait aksi teror bom bunuh diri   di kawasan Sarinah Jalan  MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/16), Kepolisian Daerah Polres Muara Enim, Sumatera Selatan menyelenggarakan Apel gabungan bersama, sekaligus menetapkan status siaga satu bagi Muara Enim.

Apel tersebut dipimpin Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto S.IK, M.Si, di ikuti Wakapolres, Kabag Ops, Para Kasat dan anggota Polres Muara Enim sebanyak 125 personil serta ‎anggota TNI dari Kodim 0404 dan Batalyon kompi Yonif 141 20 personil serta anggota POM.

Jpeg

Suasana Razia oleh Polres Muaraenim (Foto.Dok.KS/Aldo RGBA FM)

Pada kesempatan itu Nuryanto memberi arahan dengan di dasari kejadian bom Sarinah Jakarta. Oleh sebab itu, Polres Muaraenim mengadakan Operasi Razia yang bersifat simpatik terhadap pelanggar Lalu lintas. Selain itu mendeteksi barang bawaan yang mencurigakan‎. Nuryanto mengimbau agar persoalan teror, meski posisinya jauh dari Muaraenim tidak bolkeh dipandang remeh.  “Kepada anggota diharapkan selalu mengutamakan keselamatan dan jangan ada anggota yang under estemed (menganggap enteng),” ujarnya.

Bahkan Nurnayo kemudian menginstruksikan untuk siaga 1 di Muarenim. “Kita diinstruksikan oleh atasan untuk siaga satu semua anggota Polres Muaraenim. Intinya tidak boleh meninggalkan tempat atau tugas, terkecuali bila hal yang sifatnya mendesak,” jelas Nuryanto, Sabtu (16/1/16) pagi.

Kapolres juga menambahkan, Agar Mako diperketat penjagaannya. Bila ada orang yang keluar atau masuk, agar dilakukan pemeriksaan, sehingga anggota melakukan tugas harus tetap waspada.

Nuryanti menambahkan, untuk mengantisipasi kemungkinan tindak pidana yang meningkat, diupayakan melakukan semua aparat melakukan patroli, sehingga jumlah kamtibmas menjadi terjaga. “Selain itu, harus dijaga dan diperhatikan objek  vital nasional seperti Pertamina, PLN dan Mall atau pusat perbelanjaan yang ada,” pungkasnya.

Gelar Razia

Sementara itu, Polres Muara Enim juga menggelar razia bagi penggendara‎ kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4). Usai apel siaga 1,  dilanjutkan razia terhadap pengguna jalan yang tengah melintas, baik terhadap pengguna R2 dan R4. Titik lokasi razia di Kota Muara Enim, tepatnya di simpang Jembatan  Enim II dan di dekat Bundaran Air Mancur depan Stasiun Kereta Api Kota Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto, S.IK, M.Si melalui Kabag Ops Kompol Andi Kumara SIK didampingi Waka Polres Muara Enim Kompol Ari Mujiono dan Kasubag Humas Iptu Arsyad AR ditemui di sela melakukan razia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menciptakan kondisi Kota Muara Enim aman dan nyaman bagi masyarakat, serta untuk menyikapi pasca kejadian bom di Jakarta lusa kemarin, serta untuk mengantisipasi tindak pidana lainnya,” ujar Andi.

Jumlah personil yang diturunkan dalam razia ini sebanyak 100 polisi, dibantu 4 personil Kodim dan anggota POM sebanyak 2 orang, dengan total keseluruhan 125 personil,” jawabnya.

Andi juga mengimbau agar warga tetap waspada dan segera melapor jika ada hal-hal yang mencurigakan, baik gelagat orang atau barang bawaan. “Kepada orang atau perusahaan yang mempunyai kamera CCTV agar dicek dan pastikan CCTV hidup dan naik, terutama yang  ditempatkan di jalan, dan juga menempatkan satu CCTV yang mengarah ke jalan agar dapat membantu jika terjadi permasalahan keamanan, supaya lebih mempermudah proses pengungkapan masalah keamanan,” tambahnya.

Hasil giat razia pada hari pertama diamankan kendaraan roda 4 ada 7 unit, Tanpa STNK ada 3 pengendara dan tanpa SIM ada 2 pengendara, dengan total keseluruhan ada 12 pelanggaran.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster