Hebat ! Pada 2015, Produksi Padi Empat Lawang Capai 148.555 Ton

 204 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS

Musim kemarau panjang dan bencana elnino 2015, tidak mempengaruhi hasil produksi atau panen padi petani kabupaten Empat Lawang. Bahkan hebatnya lagi, melalui program opsus, produksi padi meningkat 31.747 ton, atau meningkat sekitar 30 persen dari produksi 2014.

Diketahui, produksi atau hasil panen padi pada tahun 2014 sebanyak 116.808 ton, sementara produksi di tahun 2015 mencapai 148.555 ton.

“Meskipun kemarau, produksi padi kita tetap meningkat. Ini berkat kerja keras petani disusul program opsus dan pengelolaan padi sistem jajar legowo,” ungkap Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DP3) Empat Lawang, Rudianto, Senin (11/1/2016).

Dijelaskan Rudi, meskipun ada peningkatan setiap tahun, pihaknya berupaya terus memaksimalkan produksi padi di tahun mendatang. Nah, 2016 ini DP3 bersama kelompok tani (Koptan) masih memfokuskan program Opsus Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale), sebab program pemerintah pusat ini selama Tiga tahun hingga 2017 mendatang.

Untuk penanaman padi, masih kata Rudianto akan mempercepat jadwal tanam padi, hal ini sesuai dengan hasil rapat yang dilakukan oleh pihak penyuluh dengan anggota TNI. “Jadwal penanaman akan dipercepat sesuai dengan hasil rapat beberapa waktu lalu dengan anggota TNI,”katanya.

Dia menerangkan, untuk luas lahan di Empat Lawang 14.090 hektare yang terdiri dari 10 Kecamatan yang ada. Namun hasil tanaman padi yang paling tinggi ada di Tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Paiker, Saling dan Lintang Kanan. Sedangkan untuk luas lahan itu di Kecamatan Paiker, namun di Kecamatan yang lain tidak terlalu jauh perbedaannya.

“Ya ada tiga Kecamatan pensuport produksi beras tertinggi yaitu Kecamatan Paiker, Saling dan Lintang Kanan,”bebernya.

Ditambahkannya lagi, target di tahun ini 148.158 ton, kalau melihat jumlahnya tidak terlalu banyak. Namun jumlah itu sesuai kemampuan petani, tidak terlalu ingin membesarkan target dan takutnya tidak bisa memenuhi target.”Tidak perlu tinggi, namun meskipun kecil jumlah targetnya bisa tercapai 100 persen atau over target itu sangat diharapkan,”tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster