Empat Lawang Targetkan Panen Talas 500 Ton

 1,682 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang menargetkan, hasil budidaya tanaman talas mampu memenuhi target panen 500 ton.

Sejak dua tahun terakhir, Empat Lawang menggenjot program tanam talas dengan luas lahan sekitar 50 hektar. Ini dilakukan guma meningkatkan hasil tambahan bagi petani. “Kalau panennya pada Juni-Juli mendatang, sebab petani melakukan penanaman pada Desember 2015 lalu dan target panen 500 ton,” jelas Kepala Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Fadillah Marik, kemarin (10/1/2015).

Dijelaskannya lagi, jika pemasarannya hasil panen talas sudah ada yang menampung, yaitu pihak Bantaeng yang bekerjasama dengan Jepang. Sedangkan talas yang surtiran, masih kata Fadillah, itu tidak akan terbuang sia-sia dikarenakan akan dikelolah menjadi industri kecil dan akan dibuat tepung.

Talas

Talas

“Tanaman talas dari hasil panen nantinya tidak semuanya itu diterima oleh pihak penampung, dikarenakan ada kriteria-kriterianya akan mereka beli. Jadi dari pada itu harga jualnya murah, maka dikelolah lagi mejadi bahan industri untuk meningkatkan nilai jual,”katanya.

Dilanjutkannya, pemasaran tepung dari tanaman talas sudah ada yang menampung, jadi tidak perlu lagi untuk memasarkannya, hanya mempersiapkan berapa banyak kebutuhannya.

Guna memaksimalkan produksi talas, pemkab Empat Lawang juga akan bentuk kelompok tani kecil untuk membudidayakan tanaman talas dalam skalah kecil. Hasilnya nantinya difokuskan membuat tepung. “Rencana kita bentuk kelompok tani kecil, agar bisa memenuhi permintaan penampung,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster