Menulis: Memperkuat Eksistensi Manusia, Komunitas Jurnalistik FAHu UIN RF Gelar Pelatihan Jurnalistik

 507 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS

Menulis adalah cara manusia untuk memperkuat eksistensi. Menulis menjadi salah satu cara seseorang untuk memerdekan diri. “Jika ada seorang filsuf pernah berkata : aku ada karena aku berpikir, maka saatnya kita juga harus berkata :  aku ada karena aku menulis,” ujar Dr tarech Rasyid, M.Si, Dosen Fakultas Hukum Universitas IBA (UIBA) Palembang pada Pelatihan Jurnalistik di Fakultas Adab dan Humaniora (FAHu) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Sabtu (2/1/2016) di Ruang 21 FAHu UIN Raden Fatah Palembang.

Suasana Pelatihan Jurnalistik Komunitas Jurnalistik Fak. Adab dan Humaniora UIN RF Palembang, Sabtu (2/12/2016). (Foto. Dok.KJ/RIA)

Tampak Dr Tarech Rasyid dan Imron Supriyadi pada Pelatihan Jurnalistik Komunitas Jurnalistik Fak. Adab dan Humaniora FAHu UIN RF Palembang, Sabtu (2/12/2016). (Foto. Dok.KJ/RIA)

Peserta Pelatihan Jurnalistik yang digelar Komunitas Jurnalistik FAHu UIN Rf Palembang

Peserta Pelatihan Jurnalistik yang digelar Komunitas Jurnalistik FAHu UIN RF Palembang, Sabtu (2/1/2016) (Foto.Dok.KS/RIA)

Lebih lanjut, mantan Rektor III UIBA Palembang, dengan menulis seseorang merayakan esksistensinya sebagai manusia. Sebab menulis itu adalah kata-kata, dan kata adalah bagian dari ungkapan jiwa dari eksistensi manusia. “Dengan demikian, bila setelah pelatihan ini anda tidak juga mampu merangkai kata sebagai pemantapan eksistensi, maka sama saja kita sedang tidak terlahir ke dunia,” ujarnya.

Tarech menyebut, melalui rangkaian kata yang ditulis, wartawan atau freelance (penulis lepas) punya tugas besar, yaitu menebar manfaat bagi banyak orang. Semakin banyak tulisan yang berguna, sekaligus kita sedang memperkuat eksistensi diri di mata publik. “Pertanyaannya, jauh sebelum anda menulis, apakah anda merasa sudah banyak menebar manfaat bagi banyak orang? Oleh sebab itu, melalui pers mahasiswa anda harus bisa membawa ideologi yang mencerdaskan, sekaligus memperkuat eksistensi kemanusiaan kita,” ujarnya setengah bertanya.

Risky Firmansyah - Ketua Komunitas Jurnalistik Fal. Adab dan Humaniora UIN RF Palembang saat memberi sambutan pada acara tersebut. (Foto.Dok.KS/RIA)

Rizky Firmansyah – Ketua Komunitas Jurnalistik Fal. Adab dan Humaniora UIN RF Palembang saat memberi sambutan pada acara tersebut. (Foto.Dok.KS/RIA)

Pada acara yang digelar Komunitas Jurnalistik Fakultas Adab dan Humaniora (FAHu) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ini, selain Tarech Rasyid, juga menghadirkan Imron Supriyadi, Pemimpin Redaksi Media Online KabarSumatera.com. Hadir sebagai peserta, ada 18 orang terdiri dari perwakilan dari berbagai fakultas di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang, diantaranya Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) dan mayoritas FAHu.

Sementara itu, Rizky Firmansyah, Ketua Komunitas Jurnalistik FAHu UIN Raden Fatah Palembang dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan pelatihan ini digelar untuk menambah wawasan terutama dalam bidang jurnalistik. “Namun yang terpenting, melalui kegiatan ini dapat mendorong mahasiswa agar ke depan bisa menulis dalam biang jurnalistik,” tegasnya.

TEKS : TIM REDAKSI – KOMUNITAS JURNALISTIK FAHu UIN RF PALEMBANG

EDITOR : T PAMUNGKAS





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster