Terkait Dana Pramuka, Kadispora : Jika Prosedurnya Jelas Kami Cairkan

 267 total views,  4 views today

EMPAT LAWANG, KS
Kisruh akibat belum cairnya dana hibah kegiatan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Empat Lawang, belum juga selesai. Bahkan muncul tudingan, bahwa Kepala Dinas Pemuda dan Olaraga (Dispora), sengaja menghambat pencairan dana tersebut.

Tudingan itu dibantah, Kadispora Empat Lawang, Alhumaidi Saman. Menurutnya, Dispora belum bisa memberikan rekomendasi pencairan dana hibah tersebut untuk Kwarcab Pramuka Empat Lawang, karena prosesnya tidak sesuai. “Saya tidak pernah menghalang-halangi pencairan dana tersebut, jika prosedurnya jelas kami cairkan,” ungkap Humaidi, beum lama ini (29/11/2015).

Proposal pengajuan dana pramuka, tegas Humaidi, tidak pernah sampai ke Dispora. Bahkan, sekedar tembusannya pun tidak ada. Selain itu, juga tidak ada disposisi dari Bupati Empat Lawang ke Dispora, untuk menindaklanjuti atau mempelajari proposal dari Kwarcab Pramuka Empat Lawang. Tentunya tidak ada kewenangan Dispora memberikan rekomendasi pencairan dana hibah sebesar Rp 50 juta tersebut.

“Semuanya tidak ada dan tidak jelas, tiba-tiba Kwarcab Pramuka mau minta rekomendasi. Apakah prosedur seperti ini dibenarkan?”ujar Humaidi dengan nada bertanya.

Humaidi menambahkan, apalagi surat rekomendasi tersebut langsung dibuat oleh Kwarcab Pramuka Empat Lawang. Dirinya tidak mau sembarangan memberikan tandatangan, jika tidak ada dasar yang jelas serta sesuai peraturan yang berlaku.

Masih menurut Humaidi, sesuai dengan Perda yang ada, Dispora Empat Lawang membidangi kepemudaan, olahraga dan termasuk Pramuka. Tentunya sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pemuda dan pramuka.”Secara pribadi dan kedinasan, saya tidak pernah menghalangi kegiatan pramuka, termasuk masalah pencairan dananya. Namun harus dipahami juga, bahwa saya tidak akan keluar dari aturan yang sudah ada,” imbuhnya.

Informasi sebelumnya, Kontingen pramuka Kwarcab Empat Lawang, terancam tidak bisa mengikuti Jambore Daerah (Jamda) Provinsi Sumsel di Palembang, Desember 2015 ini. Pasalnya, dana hibah yang sudah disetujui oleh Pemkab Empat Lawang sebesar Rp 50 juta, belum bisa dicairkan. Informasi beredar, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Empat Lawang, belum mau memberikan rekomendasi untuk pencairan dana dimaksud tanpa alasan jelas.

Hal ini memancing emosi Ketua Kwarcab Empat Lawang, Riyadi Sulaiman, yang menganggap Dispora menghalang-halangi kemajuan Pramuka Empat Lawang, khususnya untuk mengikuti kegiatan Jamda di Palembang nanti. “Pemerintah Daerah saja sudah setuju dan memberi bantuan dana, kok Dispora yang terkesan tidak merestui dengan menghambat pencairan dana,” ungkap Riyadi Suliaman dengan nada kesal.

Padahal kata Riyadi, Kwarcab Empat Lawang sudah melakukan seleksi dan persiapan, terhadap peserta yang akan dikirim untuk mengikuti Jamda tersebut. Selain itu, Kwarcab Empat Lawang pun sudah melaksanakan Jamcab, sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Jamda. “Syarat dan seleksi sudah kami lakukan, jika dana tidak dicairkan, maka Kwarcab Empat Lawang terancam tidak bisa ikut Jamda dan Jamnas,” imbuhnya.

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Empat Lawang, Burhansyah berharap, Dispora dan Kwarcab Empat Lawang bisa menyelesaikan masalah dengan baik. “Jangan sampai ada salah paham, hendaknya diselesaikan dengan baik-baik saja,”tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster