Pipa Transmisi Patah, Distribusi Air Bersih PDAM Terhenti

 348 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS
Pipa Transmisi milik Perusahaan daerah air minum (PDAM) Empat Lawang, yang berada di kawasan Desa Rantau Tenang, Kecamatan Tebing Tinggi, kembali patah dan rusak, Selasa (30/11/2015) sekitar pukul 10.00 WIB.

Akibatnya, distribusi air bersih ke ribuan pelanggan PDAM di Kecamatan Tebing Tinggi menjadi terganggu. Bahkan suplai air bersih terhenti, setidaknya hingga tiga hari kedepan. Patahnya pipa transmisi ini, diduga akibat terjadinya tanah longsor di kawasan tersebut, sehingga menyebabkan pipa transmisi bergeser dari posisi semula dan patah.

Direktur PDAM Empat Lawang, Abdul Ghoni menjelaskan, pihaknya sudah terjun langsung ke lokasi, untuk mengecek kondisi pipa yang patah tersebut. “Kepala Sub Bagian Produksi bersama beberapa stafnya, sudah meninjau ke lokasi. Hasilnya, dipastikan pipa transmisi berdiameter 10 inch tersebut mengalami patah sepanjang Enam meter lebih,” ungkap Abdul Ghoni, kemarin.

Dengan adanya bencana alam ini, PDAM Empat Lawang tidak bisa menyalurkan air bersih ke ribuan pelanggannya yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi. Diperkirakan, memerlukan waktu setidaknya Tiga hari bahkan lebih, untuk melakukan perbaikan pipa transmisi yang patah tersebut. “Kami harap pelanggan bisa memahami kondisi ini, karena penghentian suplai air bersih bukan disengaja, melainkan adanya musibah tanah lonhgsor,” imbuhnya.

Sementara itu, Wati (45), salah satu pelanggan PDAM yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi berharap, perbaikan pipa dimaksud tepat waktu. Sebab, mayoritas pelanggan PDAM tidak mempunyai alternatif mendapatkan air bersih selain PDAM.

“Rumah kami tidak ada sumur, hanya mengandalkan air dari PDAM. Semoga saja rusaknya tidak terlalu parah dan tidak lama,”tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster