Bila Guru Bermasalah, PGRI Empat Lawang Efektifkan Peran DKG

 410 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Empat Lawang, menjamin profesionalisme para pendidik menjadi lebih sejahtera, terlindungi dan bermartabat.

Oleh sebab itu, jika ada guru bermasalah atau terganjal profesinya dengan hukum, tidak langsung ditangani pihak berwajib. Terlebih dahulu pemeriksaan yang dilakukan oleh Dewan Kehormatan Guru (DKG), apakah melanggar kode etik guru ataukah tidak. Jika DKG menyatakan bersalah, maka guru akan didampingi PGRI ke proses selanjutnya.

“Aparat tidak bisa langsung memenjarakan guru pendidik secara langsung, apabila guru terlibat Narkotika, pencurian ataupun terorisme. Ada prosedural melalui DKG, dan ini sesuai MoU pengurus PGRI dengan Kapolri,”tegas Ketua PGRI Empat Lawang, H Syahril Hanafiah, disela peringatan hari guru nasional (HGN) 2015, baru baru ini.

Plt bupati Empat Lawang ini juga menyebut, PGRI Empat Lawang telah membentuk dan memiliki DKG dan LKBH untuk menegakan kode etik Guru. “Implementasi kode etik guru, secara konsekuen menuntun perilaku moral guru Indonesia ke arah guru yang profesional, sejahtera, terlindungi dan bermartabat,” ucapnya.

Saat ini lanjutnya, keanggotaan PGRI Empat Lawang telah mencapai 3996 orang yang terdaftar secara online dan jumlah tersebut 1994 orang dari kalangan PNS dan 2002 orang adalah non PNS. “Saat ini guru honorer K2 Kabupaten Empat Lawang, yang belum dianggat PNS masih cukup banyak dan juga ada data K2 berdasarkan data tahun 2010 tetap tidak terkafer atau hilang dari data,” bebernya.

Syahril meminta kepada para guru agar tetap bersabar dan tetap menjalankan tugas dengan baik. PGRI disampaikannya, akan tetap memperjuangkan hal tersebut sesuai dengan kemampuan.

“Perlu diketahui, sampai saat ini, aturan atau undang-undang mengaturnya belum mendapat persetujuan DPR RI. Untuk itu, kepada guru K2 tetap berkarya dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, karena sekecil apapun yang kita kerjakan secara ikhlas akan mendapatkan rahmat berkah dari Allah SWT,”tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster