Penyuluhan Narkoba Tidak Cukup dalam Ruangan, Siswa SMA 2 Muaraenim Kunjungi Lapas

 1,226 total views,  2 views today

MUARA ENIM, KS

Penyuluhan terhadap bahaya narkoba tak selalu di dalam kelas. Kali ini siswa SMA Negeri 2 Muaraenim, diajak ke ke Lembaga Pemamsayarakan  (Lapas) Kelas II di Muaraenim. Hal ini dilakukan setelah sebelumnya, siswa mengikuti pemberian materi bahaya narkoba di dalam ruangan.

Dalam kunjungan itu, ratusan siswa tersebut disambut langsung Imam Purwanto Bc.IP SH MH, Kepala Lapas Muara Enim dan jajarannya. Kemudian selama berada di dalam lapas, siswa mendapat pendampingan petugas lapas setempat.

SIswa/i SMAN 2  Muaraenim usai mengunungi Lapas Kelas II Muaraenim (Foto.Dok.KS/Aldo)

SIswa/i SMAN 2 Muaraenim usai mengunjungi Lapas Kelas II Muaraenim (Foto.Dok.KS/Aldo)

Tujuan kunjungan ke Lapas ini untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai korban narkoba. Dengan melihat langsung siswa akan dapat melihat bagaimana kehidupan sehari-hari di dalam Lapas. “Hal ini untuk memberi gambaran bagaimana kehdiupan berada Lapas. Sehingga ke depan, anak-anak muda, jangan sampai masuk maupun merasakan dalam lapas,” kata Imam Purwanto Bc.IP SH MH, Kepala Lapas Muara Enim, ketika memberi sambutan.

Para siswa SMA Negeri 2 Muara Enim usai mengikuti kegiatan penyuluhan narkoba dan hukum di Aula Lapas Kelas II Muara Enim, langsung berkesempatan melihat-lihat bangunan blok di dalam Lapas tersebut. Sebanyak 150 siswa antusias mengikuti kegiatan itu, untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada seluruh peserta.

Pada kesempatanm itu, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kesatuan Pemuda Pelopor Pembangunan Muara Enim (KP3ME) juga menyempatkan memberi sumbangan cat kepada pihak Lapas kelas II Muara Enim.

Ketua Ormas KP3ME, Arie Purnama SH MKn, didampingi Pili Hardiansyah ST, Vivin Daregen S.Pd, dan Yulhaidir, SH mengatakan bahwa bantuan cat yang diberikan kepada pihak lapas kelas II B Muara Enim ini merupakan bentuk kepedulian dari KP3ME dalam pembangunan. Ia berharap kedepan kerjasama yang telah dibangun dengan baik ini akan terus ditingkatkan lagi.

“Ini wujud kepedulian sosial kami, meski tidak banyak yang dapat kita berikan, semoga bisa bermanfaat. Kerjasama KP3ME dengan Lapas kelas II B Muara Enim ini akan terus kita tingkatkan kedepan,”kata Arie, Kamis (26/11/2015)

Menaggapi kunjungan siswa ke Lapas,  kata Arie hal itu dapat dijadikan gambaran ataupun cerminan diri, bahwa kehidupan bebas itu lebih enak dari pada hidup di dalam penjara,” imbuhnya. Diharapakan dengan berkunjung itu, bisa menjadi koreksi diri dalam melakukan segala tindakan.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Muara Enim, Imam Purwanto Bc.IP SH MH, saat dalam sambutannya mengatakan, para pelajar dan pemuda khususnya di Kabupaten Muara Enim untuk menjauhi narkoba. “Para pemuda jangan sampai menyentuh, apalagi memakai barang haram tersebut. Pihaknya juga merasa senang mendapat kunjungan dari ratusan siswa SMA Negeri 2 Muara Enim itu,” ujarnya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster