Musim Hujan, Petani Pagaralam Diimbau Jaga Produktivitas

 218 total views,  2 views today

PAGARALAM, KS

Guna menjaga produksivitas hasil panen agar tidak merosot di tengah menghadapi musim penghujan seperti sekarang, para petani di Bumi Besemah wajib mewaspadai siklus tahunan serangan hama penyakit yang dapat merusak tanaman padi.

Hama perusak tanaman dimkasud yakni penyakit blast atau lebih dikenal abang dan ulat gerayak maupun penyakit lainnya. Hal itu dikemukakan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Pagaralam, Jumaldi Jani SP MM, baru-baru ini.

Menurutnya, guna mewaspadai siklus tahunan serangan ulat gerayak ataupun blast yang dikenal penyakit abang mesti dperhatikan meskipun antisipasi ini baru sebatas prediksi, tetapi siklus tiga tahunan itu tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi seperti beberapa tahun lalu.

biji-kopi-pagaralam

Ilustrasi : Google Images

“Bila tidak diantisipasi, tidak menutup kemungkinan produksi panen bakal merosot, terlebih lagi bila masih tanaman muda atau berumur kurang dari dua bulan,” katanya seraya berujar agar serangan blast tidak meluas, pihaknya bersama petani yang ada melakukan gerakan Spot Stop karena jenis penyakit ini cukup berbahaya bila tidak cepat ditanggulangi dan bisa menular ke tanaman padi lainnya.

Selain itu sambungnya, antisipasi hama penyakit lainnya seperti keong mas, bisa ditanggulangi dengan cara sederhana atau tradisional. Misalnya menebar perangkap di areal sawah dengan meletakkan daun pepaya, pelepah pisang dan sarang tawon. Sehingga hama ini akan berkumpul di perangkap ini dan memudahkan untuk dibersihkan dari areal sawah.

“Sementara pada saat tanaman masih muda atau berumur di bawah dua bulan, perhatikan petak sawah jangan sampai kering, karena dapat terserang hama kepi. Hama ini dapat merusak bagian pangkal batang padi muda untuk mengambil sari tanaman hingga mengakibatkan tanaman mati,” paparnya.

TEKS : ANTONI STEFEN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster