Guru adalah Pengajar dan Pendidik, Hanya SMPN 2 Lawang Kidul Peringati Hari Guru Nasional

 1,737 total views,  4 views today

TANJUNG ENIM, KS

Laju perkembangan jaman, menuntut guru harus tetap komitmen pada tugasnya, sebagai pengajar sekaligus menjadi pendidik. Sebagai pengajar, guru adalah penyampai materi pelajarn. Sebagai pendidik, guru menjadi tauladan bagi peserta didik.

 Para guru SMP N 2 Lawang Kidul pose bersama kepala UPTD Disdik di sekolah, Rabu (25/11/2015) (Foto : Dok.KS/Aldo)

Para guru SMP N 2 Lawang Kidul pose bersama kepala UPTD Disdik di sekolah, Rabu (25/11/2015) (Foto : Dok.KS/Aldo)

“Oleh sebab Harapan besarnya adalah, ke depan para guru harus dapat meningkatkan kompetensi untuk menuju guru yang profesional,” ujar Heri Candra S.Pd, Kepala UPTD Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kecamatan Lawang Kidul pada peringtan Hari Guru Nasional (HGN) ke-21 dan HUT ke-70 PGRI di SMPN 2 Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan, Rabu (25/11/2015).

Lebih lanjut, Heri yang membacakan sambutan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGRI, mengatakan sebagai tenaga pengajar dan pendidik, sangat penting bila guru memantapkan soliditas dan solidaritas melalui PGRI. Sehingga melalui PGRI–sebagai organisasi profesinya guru kuat memegang nilai-nilai dan menjaga bermartabat bangsa.

Menurut Heri, dari puluhan sekolah, hanya SMPN 2 Lawang Kidul yang menggelar  HGN.  Sementara yang lain, hanya mengikuti HGN di Kabupaten Muaraenim. “Hanya sekolah ini yang melaksanakan upacara Hari Guru dan HUT PGRI pada hari ini. Oleh sebab itu saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ujar Heri.

Selain digelar upacara ceremonial,  pada HGN dan HUT PGRI ini dirangkai dengan berbagai lomba yang dilaksanakan di halaman sekolah. Diantaranya lomba membawa balon, membawa kelereng dengan sendok dan memasukkan paku ke botol.

Ilustrasi ; Google Image

Ilustrasi ; Google Image

Bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup), Kepala UPTD Disdikbud Heri Candra SPd. Dalam kegiatan upacara itu, petugasnya dilaksanakan oleh guru setempat. Mulai dari petugas pengibar bendera, pembaca UUD 1945, pembaca doa dan ikrar guru Indonesia.

Kepala SMP Negeri 2 Lawang Kidul, Erlan Firnando, SH usai upacara HGN mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi sekolah kepada para guru dalam rangka peringatan hari guru nasional. Serta untuk memperingati hari PGRI Ke-70 tahun 2015.

“Ini kegiatan rutin SMP Negeri 2 Lawang Kidul dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, dan Hari Jadi PGRI Ke-70, usai menggelar upacara, kita gelar lomba hiburan, yaitu lomba membawa balon, membawa kelereng, dan memasukkan paku dalam botol, kegiatan ini bekerjasama dengan OSIS,” kata Erlando.

Ia berharap, dengan peringatan hari guru dan hari jadi PGRI ini, dapat meningkatkan silahturahmi, dan meningkatkan kinerja sehari-hari sebagai guru yang profesional. Lanjutnya, kegiatan ini juga akan dievaluasi dan ditingkatkan dalam pelaksanaan tahun depan.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster