Teknologi Tepat Guna, Kembangkan Efesiensi dan Berbagai Inovasi

 239 total views,  2 views today

MUARA ENIM, KS

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar menyampaikan, penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG ) lingkungan merupakan satu penemuan tepat yang benar-benar kreatif dan inovatif.  “TTG bila diberyakana di masyarakat yang kreatif dapat menjadi inovasi,  misalnya saya lihat ada modifikasi motor penggiling kopi secara mobile portables,” jelas Muzakir.

Hal itu dikatakan Muzakir  sehbungan dengan Gelaran Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Muara Enim, di Gedung Kesenian “Putri Dayang Rindu” Kota Muara Enim, Selasa (24/11/2015).

Muzakir juga menjelaskan, TTG harus betul-betul dapat meningkatkan efisiensi. Sebab secara ekonomis, TTG dapat meringankan dan mempermudah masyarakat. Oleh karena itu lanjut Muzakir, ia berharap kepada masyarakat agar ajang ini benar-benar bisa di implementasikan di masyarakat sebagai wujud tindaklanjut program.

Sementara, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Muara Enim, Drs H Fajeri Erham MM mengatakan,  penerapan TTG yang ramah lingkungan, perlu adalah wujud pemberdayaan masyarakat yang kreatif dan Innovatif untuk menuju Muaraenim SMAS.

Menurut Fajeri, pemenang lomba ini akan di ikutsertakan pada lomba TTG tingkat Provinsi dan nasional, yang akan berlangsung di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun depan.

Dari hasil penilaian yang disampaikan oleh Tim Juri melalui salah satu juri Abdurroziq, bahwa dari hasil rapat tim penilai maka diputuskan untuk Juara I adalah stand nomor 7 berasal dari kecamatan kota Muaraenim dengan teknologi probiotik pakan lele, Kemudian juara II dari kecamatan Ujan Mas, dengan teknogi pengusir nyamuk dengan pupuk dengan nilai 97.

Selanjutnya, Juara III Adalah stand nomor 8 dari Kecamatan Benakat. Sementara Juara Harapan I No stand 1 dari Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) tentang motor sebagai pengupas kopi portable yang bisa di bawa ke lokasi perkebunan kopi, juara harapan II dari Kecamatan Lawang Kidul tentang deteksi kembang dengan limbah botol bekas dan juara harapan III stand 21 dari Kecamatan Sungai Rotan dengan nilai 71.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster