Kesenian Luar Hanya Merusak Moral Generasi Muda, SMP Bina Mulya Tingkatkan Minat Bakat Siswa

 1,187 total views,  4 views today

TANJUNG ENIM, KS  

Minat siswa mempelajari tari daerah terus berkurang. Sadar dengan hal itu, SMP Bina Mulya Tanjung Enim  melakukan antisipasi. Lembaga ini tengah melakukan proses pembelajaran minat bakat siswa melalui kegiatan ekskul kesenian, khsususya seni tari daerah.

Achmad Muhammad SE, Kepala SMP Bina Mulya Tanjung Enim,  meyakini kekayaan seni nusantara sangat beragam. Untuk itu, keaneragaman tersebut perlu dilestarikan secara sungguh-sungguh.

Kata dia, upaya yang dilakukan SMP Bina Mulya Tanjung Enim membentuk sanggar tari di sekolah, yang dikelola dan dibina oleh guru kesenian. Latihan seni tari itupun rutin dilaksanakan untuk mengembangkan bakat siswa di bidang seni tari, terutama tari daerah Sumatera Selatan sendiri.

“Latihan ini diberikan kepada siswa tidak hanya pada saat akan lomba, tetapi dilakukan rutin minimal seminggu sekali. Untuk mengembangkan bakat tari siswa, lomba tari juga sering diikuti oleh anak-anak,” ungkap Achmad saat dibincangi Hendro Aldo Irawan, Reporter RGBA FM belum lama ini.

Ia berharap, dari latihan rutin yang dilakukan kepada para siswa didiknya, akan menghasilkan seniman-seniman baru. Sehingga keaneragaman warisan nenek moyang tidak punah digerus zaman. Menurutnya, mengembangkan seni daerah sendiri perlu dilakukan, supaya tidak luntur oleh kesenian lain, terutama kesenian budaya luar yang hanya akan merusak moral generasi muda.

Ditambahkannya, memberikan pendidikan seni kepada siswa di zaman modern seperti sekarang ini tidaklah mudah. Kata dia, selain memberikan pemahaman tentang jiwa dan rasa, motivasi latihan juga harus terus diberikan.

“Awalnya kita berikan pemahaman tentang kesenian daerah sendiri. Kemudian kalau mereka senang tinggal kita arahkan saja mereka pada saat latihan,” terangnya.

Sementara itu, Pembina OSIS SMP Bina Mulya, Novita Juniarti S.Pd menjelaskan, beberapa jenis tarian Sumatera Selatan yang tengah dikembangkan siswa diantaranya Tari Gending Sriwijaya, Tari Saman dari Aceh dan Tari modern dan kombinasi. Siswa SMP Bina Mulya juga sering berpartisipasi mengikuti lomba kesenian tari dan beberapa kali memperoleh juara.

“Jadi siswa itu tidak hanya belajar menari saja, tetapi anak-anak juga kita ikutkan dalam berbagai lomba. Beberapa kali siswa mendapatkan juara. Terakhir juara lomba yang dilaksanakan di PTBA,” kata Novita.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster